KRITERIA ORANG CERDAS MENURUT RASULULLAH. SAW

STUDI HADITS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ali Aspar Universitas Islam Malang
  • Sudirmansyah Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7649

Keywords:

Orang cerdas, Studi Hadits, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas dan kandungan hadits tentang kriteria orang yang cerdas menurut Rasulullah. saw. Dengan cara meneliti sanad, matan dan rawi hadits tersebut secara parsial. Setelah disajikan dan dianalisa data-data yang berhubungan dengan kethiqahan para periwayat yang ada dalam sanad hadits yang diteliti, dan data-data persambungan sanadnya serta matan riwayat Sufyan Bin Waqi’ yang ditakhrij oleh at-Tirmidzi, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Semua periwayat yang ada dalam sanad berjumlah 9 orang, 5 orang periwayat berkulaitas Thiqah (terpercaya), 3 orang periwayat berkualitas dhoif (lemah) dan 1 orang tidak ada komentar dari para ulama hadits. Semua periwayat bertemu dengan periwayat lainnya yang berstatus sebagai gurunya, dengan demikian sanadnya muttasil (bersambung). Matan hadits tersebut ternyata tidak ada shadh (cacat/tercela), artinya tidak bertentangan dengan dalil naqli mapun dalil aqli, dengan demikian hadits Riwayat Tirmidzi nomor hadits 2383 tentang orang yang cerdas menurut para ulama ahli hadits dinyatakan kualitasnya hasan. Adapun metode  yang digunakan dalam penelitian hadits ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan dengan menghimpun berbagai sumber kepustakaan berupa kitab-kitab hadits yakni: Shahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Titmidzi dan Musnad Imam Ahmad. Menurut fokus penelitiannya, penelitian ini akan berfokus kepada dua hal utama yaitu Penelitian Sanad dan Penelitian Matan hadits. Setelah dilakukan pengumpulan data dan analisis hadis secara parsial, penelitian ini berkesimpulan bahwa hadits riwayat Tirmidzi Nomor 2383 tentang kriteria orang cerdas menurut Rasulullah. Saw tergolong ke dalam golongan hadits hasan, baik dari segi sanad maupun matannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ali Aspar, Universitas Islam Malang

Mahasiswa Doktoral Program Studi Pendidikan Islam Multikultural Pascasarjana, Universitas Islam Malang

Sudirmansyah, Universitas Islam Malang

Mahasiswa Doktoral Program Studi Pendidikan Islam Multikultural Pascasarjana, Universitas Islam Malang

References

Damanhuri, (2020). “Teori Penelitian kualitas dan kandungan hadits Al-Fitrah” Dwi Putra Pustaka Jaya, Surabaya.

Luqman Ahsanul Karom, dkk. (2023). “Studi Qur’an dan Hadits Multikultural” Karya Bhakti Mandiri. Indonesia.

Muhammad Ajaj, (1984), Usul al- hadits ulumuh wa Mustalahuh, Dar al-Fikr, Beirut.

Afdhal Ilahi. (2023), “Kualitas Hadits Berdasarkan Sanad dan Matan” Jakarta. Persada Press.

Moh.Noor Sulaiman, (2008),” Antologi Ilmu Hadits” Jakarta. Guang Persada Press

Abdul Madjid, (2010), Ulumul Hadits. Jakarta. Amzah Press

Aplikasi Maktabah Syamilah, diakses pada tanggal 18 Desember 2023 pukul 14.07

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Aspar, A., & Sudirmansyah. (2023). KRITERIA ORANG CERDAS MENURUT RASULULLAH. SAW: STUDI HADITS DAN APLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 259–271. https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i2.7649