PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA PADA PROYEK SUARA DEMOKRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK SISWA KELAS XI DI SMAN 5 KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7842Keywords:
Pendidikan Pancasila, Bentuk Demokrasi, Partisipasi Politik SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mencari tahu peran guru Pendidikan Pancasila dalam proyek "Suara Demokrasi" serta dampaknya terhadap peningkatan partisipasi politik siswa kelas XI di SMAN 5 Karawang. Proyek ini dirancang untuk memberikan siswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam proses politik, serta memahami pentingnya nilai-nilai demokrasi dan Pancasila. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Pancasila berperan signifikan dalam memfasilitasi dan mengarahkan siswa melalui berbagai tahap proyek, mulai dari penyusunan agenda, diskusi kelompok, hingga presentasi hasil. Guru berfungsi tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai mentor yang mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama, dan mengembangkan kreativitas mereka dalam menyuarakan pendapat. Partisipasi aktif siswa dalam proyek ini tercermin dari peningkatan kesadaran politik, kemampuan berargumen, serta keberanian untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik di sekolah maupun di luar sekolah.
Downloads
References
Hasanah, S. U., & Sulha. (2023). Pendidikan politik dalam meningkatkan partisipasi siswa sebagai pemilih pemula di Kota Singkawang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 44-56
Kartika, R. (2020). Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Politik untuk Generasi Muda. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 18(3), 220-235.
Kurniawan, D. (2020). Peran Guru PPKn dalam Pendidikan Demokrasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 98-105.
Mediatati, N. (2015). Perbandingan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan Group Investigation di kelas VIII SMP Negeri I Bergas Kabupaten Semarang. Satya Widya, 31(1), 43-53
Mulyadi, A. (2018). Peran Guru dalam Pengembangan Nilai Demokrasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru, 20(4), 205-213.
Mulyasa, E. (2020). Pengembangan pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nusarastriya, Y. H. (2013). Permasalahan dan tantangan guru PKn menghadapi perubahan kurikulum. Satya Widya, 29(1), 23-29
Prasetyo, R. (2022). Implementasi Proyek Demokrasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(2), 133-141.
Rahayu,S.,Andi,P.,Gayatri,E.,Erawan,T., . (2023). Peranan Guru PKn untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa sebagai Pemilih Pemula di SMK Veteran 1 Sukoharjo. Civic Education and Social Science Journal (CESSJ), 5(2), 45-58.
Setiawan, A. (2020). Suara Demokrasi: Hak Warga dalam Proses Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, Y. (2020). Penggunaan Proyek Suara Demokrasi untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 31(2), 75-83.
Yulianti, A. (2019). Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(3), 112-120.
Wijayanti, L. (2018). Pendidikan Pancasila dan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Pendidikan Nasional, 22(4), 214-222.
Wulandari, S. (2020). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Demokrasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 204-218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fadli Hermansyah Sofiyan, Aris, Erwin Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.