PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM UPACARA ADAT SUNDA DI MA MIFTAHUL HUDA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7844Keywords:
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kearifan Lokal, Upacara Adat SundaAbstract
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui kearifan lokal upacara adat sunda di madrasah aliyah Miftahul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan mengintegrasikan kearifan lokal melalui upacara adat Sunda di Madrasah Aliyah Miftahul Huda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan upacara adat Sunda sebagai bagian dari kegiatan Proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menanamkan dan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai Kearifan lokal. Wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan bahwa keterlibatan aktif dalam upacara adat mendorong siswa untuk lebih menghargai budaya lokal dan menerapkan nilai-nilai seperti gotong royong, dan semangat kebangsaan dalam kehidupan. Dokumentasi yang dikumpulkan memperlihatkan bahwa upacara adat ini juga berperan dalam memperkuat identitas budaya. Kesimpulan dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema kearifan lokal upacara adat Sunda berhasil menanamkam nilai-nilai kebudayaan
Downloads
References
Aryani, R. F. (2015). Mengenal Budaya Sunda Lebih Dekat. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ayu Rizki Septiana, & Moh. Hanafi. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832
Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692
Eliade, M. (2002). Mitos Gerakan Kembali yang Abadi (Terj. Cuk Ananta). Ikon Lentera.
Faisal, M. (2021). Relationship of Tradition and Islamic Law in Indonesia : "Ngeuyeuk Seureuh " Wedding of Sunda Culture. SHAKHSIYAH BURHANIYAH: Jurnal Penelitian Hukum Islam, 6(1), 73–94. https://doi.org/10.33752/sbjphi.v6i1.1641
Garna, J. karya. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Judistira Foundation dan Primaco Akademika Bandung.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.642
Harianto, P.-. (2018). Radikalisme Islam dalam Media Sosial (Konteks; Channel Youtube). Jurnal Sosiologi Agama, 12(2), 297. https://doi.org/10.14421/jsa.2018.122-07
Ineu Sumarsih, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.
KemendikbudristekNo.09. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 Tentang Dimensi, Elemen, dan Sebelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek BSKAP RI (Issue 021).
Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Menpendikbudristek, 1–112.
Kertamukti, R., Penulis, Ms., Ardaninggar Luhtitianti, U., Husna, S., Hanjarwati, A., Sandra Rosita Dewi dan Dwi Nur Fithriya, M. L., Purnomo Sari, K., Setyo dan Lelita Azaria Rahmadiya, B., Suryana, Y., Tri Wijayanti dan Alip Kunandar, Y., Rihartono, S., Zulvian Rahman, M., dan Nur Hadi Prabowo, M., Indraswari, C., Muryani dan Lisa Aditia Putra, T., & Khoirun Nisa, K. (2022). Perspektif &Dinamika Menuju Masyarakat Indonesia 5.0.
Mujiburrahman. (2021). Pendidikan karakter siswa berbasis kearifan lokal di aceh. Proceedings of International Conference on Islamic Studies “Islam & Sustainable Development,” 138–149.
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nisya, F., & Hamdu, G. (2021). Jurnal Fundadikdas ( Fundamental Pendidikan Dasar ) Analisis kebutuhan instrumen penilaian sikap berbasis education for sustainable development di sekolah dasar Attitude Needs Analysis Instrument Based Education for Sustainable Development in Primary Scho. 4(3), 215–224.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Pratiwi, D. R., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Saifudin, M. F. (2022). Menggali nilai karakter dalam ungkapan hikmah di sekolah dasar se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 241–255. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4795
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rosidi, A., Ekadjati, E.S. Chaedar, A. (2006). Konferensi Internasional Budaya Sunda. Yayasan Kebudayaan Rancage & PT. Kiblat Buku Utama.
Saidah, Z.-. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 31(1), 1. https://doi.org/10.24235/ath.v31i1.8430
Sanusi, A. R., & Darmawan, C. (2016). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila (Studi Deskriptif terhadap Organisasi Kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 24. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i1.3668
Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 27. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698
Saripudin, A. (2010). Makna Kearipan Lokal Dalam Mempertahankan Jati Diri Bangsa (Dilihat dari Sudut Pandang Budaya Sunda). PT. Galuh Pratama.
Soleh, A. R., & Pratiwi, D. R. (2022). Wujud nilai karakter gotong royong dalam teks nusantara bertutur pada harian kompas dan pemanfaatannya pada pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 225–240. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4363
Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3510
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhendi. (2004). Tata Rias Pengantin Sunda. Meutia Cipta Sarana.
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106. https://doi.org/10.15294/integralistik.v30i2.20871
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082
Susanto, E., & Budimansyah, D. (2022). Membangun keadaban digital warganet Indonesia dalam perspektif kewarganegaraan digital. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 18. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i1.23347
Yudi. (2022). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauzan Muhammad Iqbal, Aris Riswandi Sanusi, Erwin Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.