APLIKASI CANVA SEBAGAI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DI SMPN 1 KARAWANG BARAT

Authors

  • Dyah Sabrina Fajri Universitas Buana Perjuangan
  • Nadya Putri Saylendra Universitas Buana Perjuangan
  • Yogi Nugraha Universitas Buana Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7857

Keywords:

Canva, Media Pembelajaran, pendidikan pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aplikasi canva sebagai desain media pembelajaran pendidikan Pancasila di SMPN 1 Karawang Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Canva adalah salah satu desain grafis digital yang dapat membantu guru Pendidikan Pancasila untuk mendesain media pembelajaran berbasis digital. Canva memberikan kemudahan untuk membantu guru Pendidikan Pancasila dalam mendesain dan mempersiapakan bahan ajar. Pemanfaatan canva untuk desain media pembelajaran adalah dengan adanya fitur-fitur , grafis, dan template yang tidak berbayar. Kolaborasi antar akunbelajar.id dan canva juga menjadi keuntungan bagi guru dan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi pada abad 21. Dengan menggunakan canva guru lebih mempunyai inovasi dalam pembuatandesain media pembelajaran, bahan ajar bahkan modul ajar digital. Pembuatan presentasi dan beberapa kombinasi antara audio dan visual lebih menarik dan dapat diberikan beberapa ikon atau gambar sesuai dengan tema materi pembelajaran. Canva memberikan ruang inovatif serta efektif dan efisien bagi guru untuk menciptakan ruang belajar digital yang kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nadya Putri Saylendra, Universitas Buana Perjuangan

Dosen PPKn Universitas Buana Perjuangan Karawang

Yogi Nugraha, Universitas Buana Perjuangan

Dosen PPKn Universitas Buana Perjuangan Karawang

References

Adam, Steffi. (2015). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” Computer Based Information System Journal 3(2).

Akhmadan, W. (2017). “Development of Teaching Materials on Lines and Angles Using Macromedia Flash and Moodle for Grade VII Junior High Schools.” Gantang Journal 2(1):27–40.

Amka. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Elsa, Elsa dan Khoirul Anwar. (2021) "The Perception of Using Technology Canva Application as a media for English Teacher Creating Media Virtual Teavhing and English Learning in Loei Thailand "Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics. Vol 5, No. 1:62-69.

Kharissidqi, T, M. dan Firmansyah V, W. (2022). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Indonesian Journal Of Education And Humanity. Vol 2, No. 4

Hapsari, Gita Permata Puspita, dan Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa . Jurnal Basicedu, 5(4)

Febrita, Yolanda, and Maria Ulfah. (2019). “Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika 5(1).

Firmadani, Fifit. (2020). “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.

Iwan, Rasyidin. (2023). “Pemanfaatan Media Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):105–9.

Lenggono, Wahyu. (2019). “Peran Media ICT Pada Pembelajaran Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Dan Penggunaanya Di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto.” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 18(1):157–78.

Maolida, Elis Homsini, dan Vina Aini Salsabila. (2021). Canva and Scrreencast-O Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Mayarakat. Vol 1, No. 2: 54-60.

Nurhayati, Vianty, M. Nisphi, M, L. dan Sari, D, E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva For Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol, 6 No. 1

Rachmadtullah, Reza, and Prayuningtyas Angger Wardani. (2016). “Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Contexstual and Learning.” Jurnal Pendidikan Dasar 7(1):116–27.

Rizanta, Gilang Alfinandika, and Meilan Arsanti. (2022). “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Masa Kini.” Pp. 560–68 in Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2.

Saylendra, N, P. (2022). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif Pada Guru SMA di Karawang. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP).

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELARAPANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yunika, Fisi Dwi. (2023). “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era 4.0.” Proceeding Umsurabaya.

Yusnidah. (2022). Pengembangan Media Animasi Pada Pembelajaran Elektronika Siswa SMK. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 5(3)

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Fajri, D. S., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2024). APLIKASI CANVA SEBAGAI DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DI SMPN 1 KARAWANG BARAT. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 146–153. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7857