PENGUATAN CITIZENSHIP TRANSMISSION PADA PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN KRISIS IDENTITAS NASIONAL PADA GENERASI Z DI MTsS ISLAMIYAH SEI KAMAH II
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7881Keywords:
Citizenship Transmission, Identitas Nasional, Generasi Z, Budaya LokalAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru PPKn dalam menguraikan penyebab krisis identitas nasional pada generasi Z dan budaya lokal sebagai penguatan identitas nasional. Krisis identitas nasional muncul akibat percampuran budaya global dengan budaya lokal, didorong oleh percepatan digitalisasi dan perubahan sosial yang signifikan. Transmisi kewarganegaraan ialah suatu proses pewarisan kebudayaan di dalam masyarakat, era globalisasi ini kemajuan teknologi dan zaman memudahkan budaya asing untuk masuk kedalam bangsa kita, maka dari itu sangat penting pewarisan kewarganegaraan untuk dipelajari oleh siswa generasi z supaya mereka mengetahui dan mendalami kebudayaan yang dimiliki dan diwariskan kepada mereka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penguatan citizenship transmission pada pembelajaran PPKn dapat memperkuat identitas nasional di kalangan siswa hal ini dicapai melalui integrasi budaya lokal dan metode pembelajaran yang interaktif. Globalisasi menjadi tantangan utama yang menyebabkan krisis identitas nasional, namun dengan pendekatan yang tepat seperti pengajaran nilai-nilai budaya lokal, penguatan citizenship transmission yang mempromosikan dan menunjukkan kebanggaan nasional, kerjasama antara guru dan orang tua, siswa dapat dibimbing untuk memahami dan menghargai identitas nasional mereka. Kegiatan seperti pentas seni dan kunjungan ke tempat bersejarah efektif dalam meningkatkan kesadaran dan apresiasi siswa terhadap warisan budaya mereka.
Downloads
References
Alfiana, Hilda Nur, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Krisis Identitas Nasional Sebagai Tantangan Generasi Muda Di Era Globalisasi” 9 (1).
Andi.link. 2021. “Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2021. Retrieved 7 25, 2022, from Andi.” https://andi.link/hootsuite-we-aresocial-indonesian-digital-report-2021/.
Daffa Salsabila, Fasha Fatimah, Intan Nuraeni, Lussy Sri A, and Naufal Rifat RA. 2023. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Penguatan Identitas Nasional.” Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa 2 (2): 10–17. https://doi.org/10.58192/populer.v2i2.841.
Effendi, R. 2012. “Perspektif Dan Tujuan Pendidikan IPS.” In Modul Pengembangan Pendidikan IPS. UPI Bandung.
Faudillah, Annisaa Nur, Fadhila Husna, and Nur Rizkya Makhfiroh. 2023. “Identitas Nasional Sebagai Bangsa” 1 (1): 1–12.
Kewarganegaraan Dalam Social Studies Sebagai Pembentukan Karakter Cerdas Bagi Generasi Muda Pada Era Global.” SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya 16 (1): 86. https://doi.org/10.26858/supremasi.v16i1.20501.
Hendrizal. 2020. “Mengulas Identitas Nasional Bangsa Indonesia Terkini” 15 (1): 1–21.
Pasha, Shalahudin, Muhammad Rizky Perdana, Kezia Nathania, and Khairunnisa. 2021. “Upaya Mengatasi Krisis Identitas Nasional Generasi Z Di Masa PandemI” 5 (2): 651–59.
Patji Rachman Abdul. 2010. “Pengembangan Dan Perlindungan Kekayaan Budaya Daerah: Respon Pemerintah Indonesia Terhadap Adanya Klaim Oleh Pihak Lain.” Jurnal Masyaakat & Budaya, 167–88.
Prabowo, Yogi, and Taufiqurrohman Syahuri. 2022. “Citizenship In Immigration Perspective.” Journal of Law and Border Protection 4 (2): 49–62. https://doi.org/10.52617/jlbp.v4i2.360.
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. Antasari Press. https://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/Pengantar Metodologi Penelitian.pdf.
Sapriya. 2011. Teori Dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Akfabeta Bnadung.
Sina, Ainun. 2023. “Paradigma Pembelajaran IPS Dan Permasalahannya” 4 (2).
Somantri, M. N., Indonesia, U. P., Supriadi, D., 7 Mulyana, R. 2001. “Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS: Menandai 70 Tahun Usia Prof. Muhammad Numan Somantri, M. Sc., Guru Besar Senior PPS Dan FPIPS UPI.” In .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afni Nurr, Abdinur Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.