ANALISIS INTERPERSONAL SKILLS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Hadi Rianto IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.961

Keywords:

Interpersonal Skill, Keterampilan guru PKn

Abstract

Interpersonal skills guru dalam proses pembelajaran sangat penting untuk dimiliki dan dilaksanakan guru. Dengan adanya interpersonal skills guru efektifitas komunikasi terjadi proses transformasi pesan sehingga siswa mampu memahami maksud pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan serta memudahkan siswa menerima materi yang diajarkan dan menumbuhkan kemampuan kerja sama, berpikir kritis, dan mengembang-kan sikap sosial, dan dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar, penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh informasi yang objektif tentang keterampilan berkomunikasi guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, keterampilan guru dalam memberikan motivasi selama proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan keterampilan guru dalam membangun tim dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung (interview) dan teknik dokumenter, dan subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan serta beberapa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau. Hasil penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 1 Parindu Kabupaten Sanggau telah memiliki interpersonal skills yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hadi Rianto, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

References

Ali, M. (2007). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Amri, S. dan Ahmadi, I.K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Gagne, R.M., dkk. (1979). Principlesor Instruction Design.New York: Hall Renehart and Winston

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: Remaja Rosdakarya

Nasution, S. (2011). Didaktik Asas-Asas Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Rohman, A. (2011). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: PT. Aswaja Pressindo

Smith, R.M. (1982). The Guidance of Learning Activites:New York: Appleton Century Crafts

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: PT. Alfabeta

Suyanto, dan Djihad, A. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group

Weis, N. dan Hassent M. (1982). Information System Theory and Practice.California: Hamilton Publishing Company

Wibowo, A. dan Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter (Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Rianto, H. (2019). ANALISIS INTERPERSONAL SKILLS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.961

Issue

Section

Artikel Penelitian