PERAN GURU PPKn DALAM MENCEGAH SINDROM FoMO MELALUI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ELEMEN BERNALAR KRITIS DI MTsS AL WASHLIYAH 27 FIRDAUS

Authors

  • Arinda Risna Cherylia Siregar Universitas Negeri Medan
  • Abdinur Batubara Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7904

Keywords:

Peran Guru PPKn, Sindrom FoMO, habituasi profil pelajar pancasila

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam mencegah sindrom FoMO melalui penguatan profil pelajar pancasila elemen bernalar kritis. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif yakni metode yang berdasarkan filsafat postpositivisme, dipakai guna meneliti pada kondisi obyek alamiah. Research kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil research menjelaskan bahwasanya melalui penguatan profil pelajar Pancasila dapat mencegah terjadinya Sindrom FoMO. Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru PPKn yakni konsep perencaan pembelajaran yang mengarah terhadap pembentukan nilai-nilai Pancasila. Kemudian memanfaatkan media sosial dan teknologi sebagai alat edukasi kepada siswa mengenai dampak negatif akan Sindrom FoMO dan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat membantu mereka menghadapi permasalahan FoMO. Dengan memberikan penguatan profil pelajar Pancasila elemen bernlar kritis dalam setiap metode pembelajaran yang digunakan dapat memastikan bahwa siswa selalu diajak untuk berpikir mendalam dan kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arinda Risna Cherylia Siregar, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

Abdinur Batubara, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

References

Lilihata, Sarah, Santhalia Rutumalessy, Natanel Burnama, Stela I Palopo, and Agustina Onaola. 2023. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Dan Bernalar Kritis Pada Era Digital.” Jurnal Pendidikan DIDAXEI 4: 511–23. https://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/756/331.

Meani, Marly, Silalahi Gadis, Prasiska Sembiring, Nazlah Aulia, and Putri Widia. 2024. “Upaya Mengatasi Syndrom Fomo Pada Siswa SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan Melalui Pembelajaran PPKn Dengan Pendekatan Pembelajaran Kreatif Dan Interaktif” 2 (2): 1220–25.

Prastowo, Devina Safira, and Rr. Nanik Setyowati. 2022. “Strategi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Dalam Mencegah Cyberbullying Di SMA Negeri 1 Sidoarjo.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 11 (1): 206–21. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p206-221.

Pudjiastuti, Sri Rahayu. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era 4.0.

Rofi, Rudiawan. 2020. “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah.”

SANJANI, MAULANA AKBAR. 2020. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar” 6 (1): 35–42.

Sugiyono, D. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Tindakan.

Taswiyah, Taswiyah. 2022. “Mengantisipasi Gejala Fear of Missing Out (Fomo) Terhadap Dampak Sosial Global 4.0 Dan 5.0 Melalui Subjective Weel-Being Dan Joy of Missing Out (JoMO).” Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) 8 (1): 103–19.

Utami, Pratiwi Hestu, and Suyato. 2018. “Peranan Guru PPKn Sebagai Fasilitator Pendidikan Politik Di SMK Piri 1 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum 7 (1): 47–60.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Arinda Risna Cherylia Siregar, & Abdinur Batubara. (2024). PERAN GURU PPKn DALAM MENCEGAH SINDROM FoMO MELALUI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ELEMEN BERNALAR KRITIS DI MTsS AL WASHLIYAH 27 FIRDAUS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 179–185. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7904