PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Agnes Valentina Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7918

Keywords:

Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi, Sikap Tolelransi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan sikap toleransi siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pembelajaran diferensiasi dirancang sesuai minat dan gaya belajar siswa dengan penyesuaian konten, proses, dan produk. Sikap toleransi adalah sikap saling menghargai perbedaan untuk mencapai kedamaian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment, menguji hubungan sebab akibat antara pembelajaran diferensiasi (variabel X) dan sikap toleransi (variabel Y). Data dikumpulkan melalui angket, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap toleransi siswa, terutama di kelas eksperimen X-6, yang mengalami peningkatan signifikan dalam sikap toleransi berdasarkan hasil uji statistik.

Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sikap Toleransi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jamaludin, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

References

Alkautzhar, A. A., Virani, I. S., Nabilah, N. Z., Lutfiah, D., Rozak, R. W. A., & Insani, N. N. (2023). Analisis Pembelajaran PKn dalam Menciptakan Toleransi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 147–160. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3941

Apriyantini Ni Putu Diah, I Komang Sukendra. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa.” Vol. 24, no. 1 (2023): 55-63. 2802-Article Text-10074-1-10-20230412.pdf

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742

Bruno, L. (2019). Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://eprints.uny.ac.id/21850/4/BAB II.pdf

Ernawati, R. (2023). Pengaruh penggunaan metode teams games tournament ( TGT ) dalam pembelajaran PPKN terhadap sikap toleransi siswa di SMP N 1 Slogohimo. Agora, UNY, 12(04), 373–384. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/20172

Faiz Aiman, Anis Pratama, Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2846-2853. document (2).pdf

Fitra, Kurnia, Devi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA,” Universitas Pendidikan Ganesha, No. 3, Vol

Gusteti Meria Ultra, Neviyarni. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 3, no. 3 (2022): 636- 646. 180-Article Text-797-1-10-20230101.pdf

Iksan, K. M., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1900–1910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5716

Indah Septa Ayu Laia, dkk. (2013). Pengaruh Strategi pembelajar Berdiferesiasi Pesertadidik SMA Negeri Lahusa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8(20), 12–26.

Muhammad Zaki, & Dewi Maya Sari. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Gaya Mengajar Drill Dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas Iv-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i1.504

Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif, Edisi Pertama, Padang: Afifa Utama.

Miqwati, Euis Susilowati, Joutje Moonik. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 1 (2023): 30-38. 04_Miqwati.pdf

No Title. (2017). 2(2), 125–139.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Ramadhan, A. R., Afif, A., Chaerani, A., & Putranto, H. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran PPKn dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 417. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1278

Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710

Suwartiningsih, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1, no. 2 (2021): 80-94. 28.pdf

Tomlinson Carol A, Tomlinson. 2001. How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms, Britania Raya: ASCD. Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R, Assessment and Student Succes in a Differentiated Classrooms, (VA: ASCD, 2013), hlm. 45-46

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Valentina, A., & Jamaludin. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 186–194. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7918