PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7918Keywords:
Pelmbellajaran Belrdifelrelnsiasi, Sikap TolelransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan sikap toleransi siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pembelajaran diferensiasi dirancang sesuai minat dan gaya belajar siswa dengan penyesuaian konten, proses, dan produk. Sikap toleransi adalah sikap saling menghargai perbedaan untuk mencapai kedamaian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment, menguji hubungan sebab akibat antara pembelajaran diferensiasi (variabel X) dan sikap toleransi (variabel Y). Data dikumpulkan melalui angket, studi dokumentasi, dan observasi. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan sikap toleransi siswa, terutama di kelas eksperimen X-6, yang mengalami peningkatan signifikan dalam sikap toleransi berdasarkan hasil uji statistik.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Sikap Toleransi
Downloads
References
Alkautzhar, A. A., Virani, I. S., Nabilah, N. Z., Lutfiah, D., Rozak, R. W. A., & Insani, N. N. (2023). Analisis Pembelajaran PKn dalam Menciptakan Toleransi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 147–160. https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3941
Apriyantini Ni Putu Diah, I Komang Sukendra. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Lkpd Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa.” Vol. 24, no. 1 (2023): 55-63. 2802-Article Text-10074-1-10-20230412.pdf
Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742
Bruno, L. (2019). Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://eprints.uny.ac.id/21850/4/BAB II.pdf
Ernawati, R. (2023). Pengaruh penggunaan metode teams games tournament ( TGT ) dalam pembelajaran PPKN terhadap sikap toleransi siswa di SMP N 1 Slogohimo. Agora, UNY, 12(04), 373–384. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/20172
Faiz Aiman, Anis Pratama, Imas Kurniawaty. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (2022): 2846-2853. document (2).pdf
Fitra, Kurnia, Devi. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA,” Universitas Pendidikan Ganesha, No. 3, Vol
Gusteti Meria Ultra, Neviyarni. “Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 3, no. 3 (2022): 636- 646. 180-Article Text-797-1-10-20230101.pdf
Iksan, K. M., Alfiandra, A., & Murniati, S. R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 7(3), 1900–1910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5716
Indah Septa Ayu Laia, dkk. (2013). Pengaruh Strategi pembelajar Berdiferesiasi Pesertadidik SMA Negeri Lahusa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 8(20), 12–26.
Muhammad Zaki, & Dewi Maya Sari. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Shooting Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Penerapan Gaya Mengajar Drill Dan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas Iv-A SD Yayasan Pendidikan Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 2(1), 40–45. https://doi.org/10.55081/jumper.v2i1.504
Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif, Edisi Pertama, Padang: Afifa Utama.
Miqwati, Euis Susilowati, Joutje Moonik. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1, no. 1 (2023): 30-38. 04_Miqwati.pdf
No Title. (2017). 2(2), 125–139.
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283
Ramadhan, A. R., Afif, A., Chaerani, A., & Putranto, H. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran PPKn dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di SMP Labschool Jakarta. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 417. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1278
Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 61. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710
Suwartiningsih, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1, no. 2 (2021): 80-94. 28.pdf
Tomlinson Carol A, Tomlinson. 2001. How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms, Britania Raya: ASCD. Tomlinson, Carol A & Moon, Tonya R, Assessment and Student Succes in a Differentiated Classrooms, (VA: ASCD, 2013), hlm. 45-46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Valentina, Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.