PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA P5 SUARA DEMOKRASI DI SMP N 1 PERCUT SEI TUAN

Authors

  • Sarah Sabina UNIMED
  • Maryatun Kabatiah Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7924

Keywords:

Project Citizen, berpikir kritis, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project citizen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII-6 pada salah satu tema P5 yaitu suara demokrasi di SMP N 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan nonquivalent control group design. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas VIII-6 sebanyak 29 siswa dan kelas VIII-5 sebanyak 32 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling Instrument penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, pretest dan postest yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan uji paired sampel T-test dengan syarat uji Kolmogrov- Smirnov melalui bantuan program SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran project citizen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema P5 suara demokrasi di SMP N 1 Percut Sei Tuan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pretest 34,50 dan 75,25 untuk postest. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol memperoleh 37,50 untuk pretest dan 49,62 untuk postest. Berdasarkan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah 61,18% dikategorikan cukup efektif. Sementara pada kelas kontrol uji N- Gain score adalah 19,24% dikategorikan tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maryatun Kabatiah, Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan

References

Anita, T. and Wartoyo (2020) Project Citizen (Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan), Surakarta. Edited by S. Supeni. Surakarta: UNISRI Press.

Hidayat, R. and Abdillah (2019) Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. Edited by C. Wijaya and Amiruddin. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Hikmawati, F. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Lidiawati et al. (2023) Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Edited by A.T.R. Rosa. Purbalingga: Eureka Media Aksaea.

Mardhiyah, R.H. et al. (2021) ‘Pentingnya Keterampilan di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia’, Jurnal Pendidikan, 12(1), pp. 29–40.

Rachmadtullah, R. (2015) ‘Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), p. 287. Available at: https://doi.org/10.21009/jpd.062.10.

Rahardhian, A. (2022) ‘Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat’, Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), pp. 87–94. Available at: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092.

Rukminingsih (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Sleman: CV. Bumi Meswari.

Siafu, R.R., Romadhon and Iswahyudi, D. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMP Kertanegara Malang’, Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(4), pp. 87–95. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i4.1666.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Sabina, S., & Maryatun Kabatiah. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA P5 SUARA DEMOKRASI DI SMP N 1 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 195–208. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7924