PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TEMA P5 SUARA DEMOKRASI DI SMP N 1 PERCUT SEI TUAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7924Keywords:
Project Citizen, berpikir kritis, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project citizen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII-6 pada salah satu tema P5 yaitu suara demokrasi di SMP N 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan nonquivalent control group design. Adapun subjek penelitian ini adalah kelas VIII-6 sebanyak 29 siswa dan kelas VIII-5 sebanyak 32 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling Instrument penelitian ini menggunakan dokumentasi, angket, pretest dan postest yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan uji paired sampel T-test dengan syarat uji Kolmogrov- Smirnov melalui bantuan program SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji paired sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran project citizen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada tema P5 suara demokrasi di SMP N 1 Percut Sei Tuan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pretest 34,50 dan 75,25 untuk postest. Sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol memperoleh 37,50 untuk pretest dan 49,62 untuk postest. Berdasarkan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah 61,18% dikategorikan cukup efektif. Sementara pada kelas kontrol uji N- Gain score adalah 19,24% dikategorikan tidak efektif.
Downloads
References
Anita, T. and Wartoyo (2020) Project Citizen (Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan), Surakarta. Edited by S. Supeni. Surakarta: UNISRI Press.
Hidayat, R. and Abdillah (2019) Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. Edited by C. Wijaya and Amiruddin. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hikmawati, F. (2017) Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Lidiawati et al. (2023) Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Edited by A.T.R. Rosa. Purbalingga: Eureka Media Aksaea.
Mardhiyah, R.H. et al. (2021) ‘Pentingnya Keterampilan di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia’, Jurnal Pendidikan, 12(1), pp. 29–40.
Rachmadtullah, R. (2015) ‘Kemampuan Berpikir Kritis Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), p. 287. Available at: https://doi.org/10.21009/jpd.062.10.
Rahardhian, A. (2022) ‘Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat’, Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), pp. 87–94. Available at: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092.
Rukminingsih (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Sleman: CV. Bumi Meswari.
Siafu, R.R., Romadhon and Iswahyudi, D. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di SMP Kertanegara Malang’, Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1(4), pp. 87–95. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.59581/garuda.v1i4.1666.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sarah Sabina, Maryatun Kabatiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.