IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENDEKATAN TPACK DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7926Keywords:
Pendekatan TPACK, Berpikir KritisAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran PPKn melalui pendekatan TPACK untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment yakni untuk melihat hubungan sebab akibat antara variable independent (Pendekatan TPACK sebagai variabel X) dan variable dependent (kemampuan berpikir kritis sebagai variabel Y). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket pretest dan posttest, wawancara, serta dokumentasi. Sample pada penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen dan VII-4 sebagai kelas kontrol. Data-data yang ditemukan dianalisis secara statistik dengan analisis deskriptif dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS, uji normalitas, uji paired, sample t-test, uji homogitas, dan uji independent sample t-test. Seluruh uji yang dilakukan diolah menggunakan SPSS Versi 16.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap berpikir kritis siswa yang menerima pembelajaran dengan pendekatan TPACK atau kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata (mean) postest berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 51.83 dan meningkat menjadi 83.83. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PPKn melalui Pendekatan TPACK memiliki pengaruh dan efektivitas dalam meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar.
Downloads
References
Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif : KomunikasiEkonomi Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya.
Drajati, N. A. (2020). Keyakinan Guru Terhadap Penerapan Kerangka TPACK dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris SMA/SMK/MA Dengan Kerangka TPACK, January, 42–51.
Etistika Yuni Wijaya, Dwi Agus Sudjimat, & Amat Nyoto. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1).
Hayati, E., Rahmadi, F., Nursyifa, A., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., & Pamulang, U. (2020). Prosiding Seminar Nasional Enhancing Innovations for Sustainable Development : Dissemination of Unpam’s Research Result Analisis Technological Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn).
Indahul Islami, & Febrina Dafit. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas V SDN 83 Pekanbaru. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1049–1059. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1338
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74
Rini, D. P., Kurnianto, B., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Darul, U., & Islamic, U. (2023). Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V. 01(20).
Rusilowati, A. (2018). Profesionalisme Guru: Ikhtisar Buku. In Penyiapan Guru Abad 21. FMIPA UNNES.
Sri, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Intelektuan Pada Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 54 Batuleppa Kecamatan Sinjai Selajatan Kabupaten Sinjai. Universitas Muhamadiyah Makasar, 1–96.
Suminar, D. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 774–783.
Suyamto, J., & Masykuri, M. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, And Content, Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Yulianti, E., Mahfud, H., & Matsuri, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Keberagaman Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruth Lidya Siboro, Jamaludin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.