IMPLEMENTASI METODE ICE BREAKING PADA PROSES PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK

Authors

  • Febriana Angela Fitri Universitas PGRI Pontianak
  • Idham Azwar Universitas PGRI Pontianak
  • Hadi Rianto Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.8190

Keywords:

Implemtasi, Ice Breaking, Pembelajaran PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode ice breaking pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitataf dengan bentuk deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai informan dan keterangan langsung dari pihak yang dijadikan informan penelitian yaitu Guru PKN dan siswa. Hasil penelitian ini yaitu implementasi Metode ice breaking pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak melalui perencanaan Metode ice breaking pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak yaitu bahan materi yang disajikan dan tujuan ice breaking. Pelaksanaan Metode ice breaking pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak yaitu bertambahnya interaksi dengan siswa, fokus siswa pada proses pembelajaran,dan meningkatkan proses pembelajaran. Kendala dalam implementasi Metode ice breaking pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 9 Pontianak yaitu kurangnya motivasi belajar siswa dan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Febriana Angela Fitri, Universitas PGRI Pontianak

Universitas PGRI Pontianak

Idham Azwar, Universitas PGRI Pontianak

Universitas PGRI Pontianak

Hadi Rianto, Universitas PGRI Pontianak

Universitas PGRI Pontianak

References

Anggraini, S. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 5287–5294.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Darmadi, H. (2020). Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). An1mage.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Ningtyas, R. K., & Sucahyo, E. (2023). Implementasi Ice Breaking Untuk Meningkatkan Konsentrasi Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 374–379. https://doi.org/10.37081/adam.v2i2.1607

Pratiwi, A., Hikmah, F., & Adiansha, A. A. (2021). Analisis Penerapan Metode Games Education dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. 1, 36–43.

Rumondor, P., & Sineke, R. N. (2020). AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam Pola Interaksi Guru Pai Dengan Siswa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ridwan Nur Sineke Undang- Undang-undang untuk membuat suasana di lingkungan diinginkan oleh semua elemen bukan guru dengan siswa. Jurnal Al-Hikmah, 2(2), 160–172.

Salo, E. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran Kelas IV SD Negeri 06 Sesean. Prosiding Seminar Nasional PGSD UKI Toraja 2023, 2022, 13–18. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2260

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,CV.

Vitasari, W. (2021). Komunikasi Guru Dengan Siswa Membangun Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 8. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/gft3z

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.

Zakiyyah, D., Suswandari, M., & Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1.333

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Febriana Angela Fitri, Idham Azwar, & Hadi Rianto. (2024). IMPLEMENTASI METODE ICE BREAKING PADA PROSES PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 244–253. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.8190