PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X B DI SMA NEGERI 1 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.8379Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGTAbstract
Penelitian ini berjudul Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournamen (TGT) Dalam Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas X B di SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau . penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Disetiap tahap pada siklusnya terbagi menjadi empat,yaitu: perencanaan , pelaksanaan, observasi, refleksi. Yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa, dimana pada siklus 1 nilai rata-rata siswa berada pada 48,48% pada siklus 2 nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebanyak 90,90%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menjadi salah satu opsi yang baik bagi keberlangsungan pembelajaran, pada saat melakukan wawancara, rata-rata siswa meberikan respon yang positif mengenai model pembelajaran ini, pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Hanya saya penggunaan model pembelajaran ini memerlukan waktu yang lebih banyak dalam proses pembelajarannya, dikarenakan terdapat permainan disetiap sesi akhir materi. Sehingga guru diharapkan dapat membagi waktu dalam penyampaian materi sesuai dengan indicator pencapaian kopetensi.
Downloads
References
Adrianus. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas VIII SMPN 2 Noyan Kabupaten Sanggau.
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.. Jakarta: 2019
Darmadi, H. (2020). Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Jakarta 2020
Farkhan, S.A., Prasetyo,A.K, Setiani,K.E. (2023). Model TGT Berbantu Media Kotak Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 5 No. 2 Hal 409
Febriani, N. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbentuk Media Gambar Dan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha , 6-7.
Ginting, F. A., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Matematika Berdasarkan Gender Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Basic Educational Studies, 591.
Harianto, A. (2015). Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: 2019
Mardalena, W., & Safiudin. (2024). Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 519.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: 2016.
Suryani, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20, 72.
Suryani,A., Suarjana, M., Artini, H., (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Socienty Journal, Vol. 1 No.1 Hal 32
Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Kontruktivisme, Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.
Yuliawati, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesia Journal Of Educational Develoment, 2, 357
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ester Vita Nola, Sitti Uswatun Hasanah, Fety Novianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.