PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X B DI SMA NEGERI 1 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Ester Vita Nola Universitas PGRI Pontianak
  • Sitti Uswatun Hasanah IKIP PGRI Pontianak
  • Fety Novianty Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.8379

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT

Abstract

Penelitian ini berjudul Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournamen (TGT) Dalam Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas X B di SMA Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau . penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Disetiap tahap pada siklusnya terbagi menjadi empat,yaitu: perencanaan , pelaksanaan, observasi, refleksi. Yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa, dimana pada siklus 1 nilai rata-rata siswa berada pada 48,48% pada siklus 2 nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebanyak 90,90%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menjadi salah satu opsi yang baik bagi keberlangsungan pembelajaran, pada saat melakukan wawancara, rata-rata siswa meberikan respon yang positif mengenai model pembelajaran ini, pembelajaran yang menyenangkan membuat siswa lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Hanya saya penggunaan model pembelajaran ini memerlukan waktu yang lebih banyak dalam proses pembelajarannya, dikarenakan terdapat permainan disetiap sesi akhir materi. Sehingga guru diharapkan dapat membagi waktu dalam penyampaian materi sesuai dengan indicator pencapaian kopetensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ester Vita Nola, Universitas PGRI Pontianak

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Pontianak

Jl. Ampera No.88 Pontianak,Telp (0561) 748219/ 6589855

Kalimantan Barat - Indonesia

Sitti Uswatun Hasanah, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi PPKN IKIP PGRI Pontianak

Fety Novianty, Universitas PGRI Pontianak

Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Pontianak

Jl. Ampera No.88 Pontianak,Telp (0561) 748219/ 6589855

Kalimantan Barat - Indonesia

References

Adrianus. (2018). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Kelas VIII SMPN 2 Noyan Kabupaten Sanggau.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.. Jakarta: 2019

Darmadi, H. (2020). Pembelajaran Pendidikan Moral Pancasila Dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Jakarta 2020

Farkhan, S.A., Prasetyo,A.K, Setiani,K.E. (2023). Model TGT Berbantu Media Kotak Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 5 No. 2 Hal 409

Febriani, N. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbentuk Media Gambar Dan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Banjar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha , 6-7.

Ginting, F. A., & Siregar, N. (2024). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar Matematika Berdasarkan Gender Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Basic Educational Studies, 591.

Harianto, A. (2015). Teams Games Tournament (TGT) & Jigsaw Melalui Pendekatan Saintifik. Yogyakarta: 2019

Mardalena, W., & Safiudin. (2024). Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Meningkatkan Hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 519.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: 2016.

Suryani, T. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PPKn menggunakan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20, 72.

Suryani,A., Suarjana, M., Artini, H., (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Game Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Socienty Journal, Vol. 1 No.1 Hal 32

Trianto. (2017). Model-Model Pembelajaran inovatif Berorientasi Kontruktivisme, Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser.

Yuliawati, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Indonesia Journal Of Educational Develoment, 2, 357

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Vita Nola, E., Hasanah, S. U., & Novianty, F. (2024). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X B DI SMA NEGERI 1 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 281–287. https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.8379