PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NANGA KALIS

Authors

  • Moad Moad IKIP PGRI Pontianak
  • Selly Sapitri Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.962

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Word Square

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengunaan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Sumber data dari dalam penelitian ini diperoleh dari guru, siswa, interaksi antara guru dan siswa tempat dan peristiwa berlangsung. Prosedur penelitian ini mengunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan setiap prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, pengukuran dan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 1 Nanga Kalis dapat dilihat dari tindakan Siklus I dengan nilai rata-rata 71, 92 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 62% , dan Siklus II dengan nilai rata-rata 79, 23 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 90% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moad Moad, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

Selly Sapitri, Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

Mahasiswa Prodi PPKN IKIP PGRI Pontianak

References

Abdullah Sayid, (2015). Penerapan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Pengguru. Jurnal kreatif tadulako vol. 4 no. 11. ISSN 2354-614X

Darmadi Hamid, (2012). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung. Alfabeta

Istarani, (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada

Salahudin, A, (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. Pustaka Setia

Wiriaatmadja Rochiati, (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Zuldafrial, (2012), Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, Pontianak Press, Stain

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Moad, M., & Sapitri, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NANGA KALIS. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.962

Issue

Section

Artikel Penelitian