PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 NANGA KALIS
DOI:
https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.962Keywords:
Peningkatan Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Word SquareAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pengunaan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Nanga Kalis. Sumber data dari dalam penelitian ini diperoleh dari guru, siswa, interaksi antara guru dan siswa tempat dan peristiwa berlangsung. Prosedur penelitian ini mengunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, dan setiap prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik observasi, pengukuran dan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 1 Nanga Kalis dapat dilihat dari tindakan Siklus I dengan nilai rata-rata 71, 92 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 62% , dan Siklus II dengan nilai rata-rata 79, 23 dan presentase ketuntasan klasikal mencapai 90% yang terus mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa.
Downloads
References
Abdullah Sayid, (2015). Penerapan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Pengguru. Jurnal kreatif tadulako vol. 4 no. 11. ISSN 2354-614X
Darmadi Hamid, (2012). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung. Alfabeta
Istarani, (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada
Salahudin, A, (2015). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. Pustaka Setia
Wiriaatmadja Rochiati, (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Zuldafrial, (2012), Evaluasi Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, Pontianak Press, Stain
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moad Moad, Selly Sapitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan prior to the publication.