IMPLEMENTASI SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Muhammad Anwar Rube’i IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.959

Keywords:

Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa berjumlah 83 orang. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket, panduan wawancara, panduan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statitsik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi sila keempat pancasila pada mahasiswa mencapai persentase 78,71% dengan kategori Baik. Hal ini diperoleh: (1) wujud pelaksanaan sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian angka persentase sebesar 78,43%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Sila Keempat Pancasila Pada Mahasiswa PPKn IKIP PGRI Pontianak secara umum dapat dikategorikan baik. Hal ini didukung oleh pencapaian angka persentase sebesar 79,87%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Anwar Rube’i, IKIP PGRI Pontianak

Dosen Program Studi PPKN, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak

References

Budimansyah dan Suryadi. (2008). PKn dan Masyarakat Multikulturan. Bandung: PSPKn SPS Universitas Pendidikan Indonesia

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta

Cholisin. (2000). Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta:Universitas Terbuka.

Darmadi, H. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung :

Alfabeta

Kaelan. (1996). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma

, (2009). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Natal Kristiono (2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jurnal Harmoni, No. 2, Volume 2, November 2017. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/20171

Nawawi, H . (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Sahid Gatara dan Sofian, (2011). Pendidikan Kewarganegaraan.Bandung: Fokusmedia.

Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Somantri, Numan. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahab & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Zuldafrial. (2009). Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN Pontianak Press

Downloads

Published

2019-01-15

How to Cite

Rube’i, M. A. (2019). IMPLEMENTASI SILA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.959

Issue

Section

Artikel Penelitian