ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH

Authors

  • Dada Suhaida IKIP PGRIPontianak
  • Santi Rohana SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah

DOI:

https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.963

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Pendidikan Kewarganegaraan

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada “Analisis Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan Kabupaten Mempawahâ€. Tujuan penelitian yakni; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan. Metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian studi survey, dengan populasi siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung, teknik pengukuran dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data  panduan wawancara, angket, soal tes dan dokumen. Hasil penelitian  bahwa; 1) tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa pada pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan dalam katagori “baik†yakni nilai rata-rata studi 72, 84 artinya Tuntas. 2) strategi siswa dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pembelajaran PKn di kelas VII SMPN 2 Siantan sebesar 81.625% kategori “meningkatâ€

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dada Suhaida, IKIP PGRIPontianak

Dosen Program Studi PPKN Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI Pontianak

Santi Rohana, SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah

Guru PPKn SMP Negeri 2 Siantan Kabupaten Mempawah

References

Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Ali, Mohammad. 1984. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Angkasa: Bandung

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudijono, Anas. 200). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuldafrial. 2012. Penelitian Kuantitatif. Pontianak: STAIN

Vidayanti, dkk. 2013. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. http://journal.unej.ac.id/download-fullpapers- jppp85eb445cb3. pdf. (Di unduh Selasa 24 April 2018 jam 09.00 WIB).

Surmiyati, dkk. 2014. Analisis Kemampuan Kognitif dan Afektif Terhadap Kemampuan Psikomotor Siswa Setelah Penerapan KTSP. (Di unduh Selasa 24 April 2018 jam 09.48 WIB)

Yohanda, A. D. 2017. Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PKn Tentang Sistem Pemerintahan Melalui Metode Mind Mapping Kelas IV MI Mambaul Ulum Tegalgondo Karangploso Malang. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article (Di undur Selasa 24 April 2018 jam 11.00).

Downloads

How to Cite

Suhaida, D., & Rohana, S. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2). https://doi.org/10.31571/pkn.v2i2.963

Issue

Section

Artikel Penelitian