PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKTAKRAW SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1167Keywords:
model, permainan sepaktakraw, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model permainan sepaktakraw dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang sesuai untuk siswa sekolah dasar kelas atas; (2) Mengetahui keefektifan model pengembangan permainan sepaktakraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini melalui 10 tahap yaitu: (1) Penelitian Awal; (2) Perencanaan; (3) Produk Awal; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Pengujian produk; (7) Revisi Desain; (8) Pengujian produk; (9) Revisi Produk; (10) Diseminasi Produk. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model permainan sepaktakraw yang terdiri dari 10 jenis permainan yang dikelompokkan menjadi 5 kategori teknik dasar bermain yaitu sepakan, bertahan, servis, smas, dan game. Model permainan: (1) teknik sepakan: permainan (bola apung, bola jinak, bola bomerang dan bolan); (2) teknik bertahan: permainan (ombak bola, bolarus, dan bosi); (3) teknik servis: permainan bolvis; (4) teknik smash: permainan bomes; dan (5) game: permainan bola vokra.
Downloads
References
Ali, N., Hanif, S., & Jamalong, A. 2003. Panduan bermain sepaktakraw pemula (usia dini). Jakarta: Depdiknas.
Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W. R., Gall J.P, & Gall, M.D. 2007. Education research: an introduction (7th ed.). Boston: Pearson Inc.
Lumintuarso, R. 2013. Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula (Pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat). Yogyakarta: UNY Pres.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kualitatif, Kuantatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.