PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKTAKRAW SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Moh Kusuma Atmaja STKIP Melawi
  • Kurnia Dyah Anggorowati STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1167

Keywords:

model, permainan sepaktakraw, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model permainan sepaktakraw dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang sesuai untuk siswa sekolah dasar kelas atas; (2) Mengetahui keefektifan model pengembangan permainan sepaktakraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa sekolah dasar kelas atas. Penelitian ini melalui 10 tahap yaitu: (1) Penelitian Awal; (2) Perencanaan; (3) Produk Awal; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Pengujian produk; (7) Revisi Desain; (8) Pengujian produk; (9) Revisi Produk; (10) Diseminasi Produk. Hasil penelitian ini adalah pengembangan model permainan sepaktakraw yang terdiri dari 10 jenis permainan yang dikelompokkan menjadi 5 kategori teknik dasar bermain yaitu sepakan, bertahan, servis, smas, dan game. Model permainan: (1) teknik sepakan: permainan (bola apung, bola jinak, bola bomerang dan bolan); (2) teknik bertahan: permainan (ombak bola, bolarus, dan bosi); (3) teknik servis: permainan bolvis; (4) teknik smash: permainan bomes; dan (5) game: permainan bola vokra.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Moh Kusuma Atmaja, STKIP Melawi

Penjaskesrek

Kurnia Dyah Anggorowati, STKIP Melawi

Penjaskesrek

References

Ali, N., Hanif, S., & Jamalong, A. 2003. Panduan bermain sepaktakraw pemula (usia dini). Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W. R., Gall J.P, & Gall, M.D. 2007. Education research: an introduction (7th ed.). Boston: Pearson Inc.

Lumintuarso, R. 2013. Pembinaan Multilateral Bagi Atlet Pemula (Pedoman latihan dasar bagi atlet muda berbakat). Yogyakarta: UNY Pres.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kualitatif, Kuantatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-08-03

How to Cite

Atmaja, N. M. K., & Anggorowati, K. D. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SEPAKTAKRAW SEBAGAI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BAGI SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 7(2), 104–119. https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1167