PENGEMBANGAN PERMAINAN PAL MIX PEMBELAJARAN PENJASORKES

Authors

  • Yulita Yulita STKIP Melawi
  • Sukardi Sukardi STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1173

Keywords:

Permainan Tradisional, Pal Mix

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan Pal Mixyang dapat digunakan sebagai panduan: 1) mengetahui efektivitas model permainan tradisional Pal Mix 2) mengetahui keterterimaan model permainan tradisional Pal Mix. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan produk berupa model permainan Pal Mix untuk siswa SD kelas IV dilakukan dengan tahapan. 1) Pengembangan penelitian deskriftip dan survei, 2) Menyusun  desain pruduk, 3) Validasi ahli, 4) Uji coba skala kecil, 5) Menguji produk pengembangan.Hasil penelitian ini berupa permainan Pal Mixyang digunakan sebagai media pembelajaran penjasorkes. Permainan tradisional Pal Mixdalam pembelajaran penjasorkes dapat meningkatkan aspek psikomotor, kognitif dan afektif berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD yaitu keefektifan produk permainan Pal Mixmendapat respon positif siswa dalam pembelajaran penjasorkes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achroni, K. 2012. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Melalui Permainan Tradisional. Yogyakarta: Javalitera.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pratiwi Yhana. 2015 .Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba Ii Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Cet 7. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, H. 2004. Metodelogi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2019-08-03

How to Cite

Yulita, Y., & Sukardi, S. (2019). PENGEMBANGAN PERMAINAN PAL MIX PEMBELAJARAN PENJASORKES. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 7(2), 175–187. https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1173