MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Authors

  • Henry Maksum Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • Tovan Ridho Wibowo Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v8i1.1213

Keywords:

pembelajaran bola basket, pendekatan bermain

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hasil belajar chest pass dalam permainan Bola Basket melalui Pendekatan Bermain. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tinadakan kelas (PTK). Subyek penelitiannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Sintang yang terdiridari 23 siswa putri dan 12 siswa putra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pengukuran sedangkan alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi dan bentuk tes. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa melalui metode pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan chest passdarites yang diberikan, yaitunilai rata-rata sebelum menggunakan pendekatan bermain yaitu 43% tuntas dan 57% belum tuntas, setelah menggunakan pendekatan bermain pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 63% siswa yang tuntas dan 37% siswa belum tuntas, pada siklus II dengan perlakuan yang sama terjadi peningkatan menjadi 80% siswa yang tuntas dan hanya tersisa20 % siswa yang belum tuntas. Artinya bahwa terdapat peningkatan hasil belajar chest pass bola basket dengan menggunakan pendekatan bermain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Henry Maksum, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

-

Downloads

Published

2019-06-02

How to Cite

Maksum, H., & Wibowo, T. R. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.31571/jpo.v8i1.1213