PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA –TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOTHING BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJASKESREK IKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Dwi Hartanto Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, IKIP-PGRI Pontianak Jalan Ampera No.88 Pontianak 78116

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran massed practice dan metode pembelajaran distributed practice ditinjau dari koordinasi mata-tangan yang dibedakan menjadi dua taraf, yakni koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa putra ekstrakurikuler Serta terdapat perbedaan pengaruh koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa. terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatan peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran massed practice dan distributed practice,   kemampuan  shooting bola basket

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-04-24

How to Cite

Hartanto, D. (2016). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA –TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOTHING BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJASKESREK IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.124