PENGUKURAN SIKAP SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v3i2.128Abstract
Sikap merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Namun begitu, sampai saat ini belum ada penelitian dan alat ukur untuk menilai sikap secara spesifik untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Padahal metode drill yang diterapkan oleh guru atau pelatih dalam ekstrakurikuler tenis meja dapat menimbulkan respon atau sikap tertentu pada siswa, yaitu kemungkinan dari rentangan suka sampai tidak suka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alat ukur sikap untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Penelitian dilakukan selama bulan Mei 2012 dengan 20 sampel. Sampel adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SMP John Paulo School Bekasi Jawa Barat. Instrumen berupa kuesioner yang disusun berdasarkan tiga dimensi sikap dari Azwar (2005) yaitu : dimensi kognitif, dimensi afektif, dan dimensi psikomotor. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 soal yang dapat digunakan untuk menilai sikap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Validitas instrumen berkisar antara 0,652 sampai 0,840. Sementara reliabilitas instrumen r=0,950. Selain itu, penerapan alat ukur di SMP John Paulo School Bekasi menunjukkan baru 25% dimensi kognitif siswa yang tergolong baik, 30% dimensi afektif siswa yang tergolong baik, dan 40% dimensi konatif siswa yang tergolong baik.
Â
Kata Kunci : Sikap, Ekstrakurikuler Tenis Meja
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.