PENGGUNAAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH

Fauzan Effendy, Yudhi Kharisma, Riki Ramadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai upaya meningkatkan kemampuan passing bawah melalui media modifikasi permainan 3 on 3 untuk permainan bolavoli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 25 peserta didik di SMA NU Kaplongan Indramayu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes passing bawah bolavoli. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif yang mengacu pada Penilaian Acuan Patokan (PAP) dan mengambil persentase tingkat ketuntasan belajar peserta didik. Pada prasiklus persentase tingkat ketuntasan sebesar 36% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 68,6, pada siklus 1 tingkat ketuntasan sebesar 56% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,4, serta siklus 2 menunjukkan tingkat ketuntasan sebesar 86% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,2. Hasil diatas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada materi passing bawah dengan menggunakan media modifikasi permainan 3 on 3 sejak pelaksanaan prasiklus sampai pada tahap siklus 2 sebesar 50%

Keywords


passing bawah, bolavoli, modifikasi permainan

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. (2017). Internalisasi nilai sportivitas melalui pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Sosioreligi, 20–29, (Online), (http://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/view/8834/5476, diakses 15 September 2019).

Aussie (1996). Modified sport aquality junior sport approach. Belconen: ACT Australian Sport Commision.

Bahagia, Y. (2014). Media dan alat pembelajaran penjas. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/194903161972111YOYO_BAHAGIA/(PP)_MEDIA_DAN_ALAT_PEMBELAJARAN_PENJAS.pdf, diakses 7 Agustus 2019).

Depdiknas. (1999). Petunjuk tes keterampilan bola voli usia 15-17 tahun. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi.

Depdiknas. (2003). Sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Fajri, M. (2019). Pemanfaatan modifikasi media pembelajaran bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas V MI Darul Mukminin. Genta Mulia, X(1), 65–83. (Online), (http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/247/233).

Furqon, H., M. (2010). Guru sejati: membangun insan berkarakter kuat dan cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Ginanjar, A., Suherman, A., Juliantine, T., & Hidayat, Y. (2019). Sports orientation during learning team or individual sports using a sport education model. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 377–386. (Online), (https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.24021).

Hanansyah, A., & Ginanjar, A. (2019). Upaya peningkatan hasil belajar bola basket menggunakan model pembelajaran group investigation improvement. JUARA : Jurnal Olahraga, 4(2), 90–98. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.543).

Indriyani, D. (2011). Peningkatan hasil belajar passing bawah pada bola voli dengan menggunakan permainan “ 3 on 3 ” pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Wonosobo tahun pelajaran 2010 / 2011 (Universitas Negeri Semarang). _(Online), (http://lib.unnes.ac.id/10159/1/10112.pdf).

Lutan, R. (1988). Belajar keterampilan motorik: pengantar teori dan metode. Jakarta: Depdikbud.

Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ma’mun, Amung, dan Yudha. (2000). Perkembangan gerak dan belajar gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan.

Pambudi, B. P. (2015). Meningkatkan keterampilan passing bawah bolavoli menggunakan permainan 4 on 4 untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang (Universitas Negeri Yogyakarta). (Online), (http://eprints.uny.ac.id/26418/1/Skripsi Bagus Prastiyo Pambudi.pdf).

Rithaudin, A., & Hartati, B. S. (2016). Upaya meningkatkan pembelajaran passing bawah permainan bola voli dengan permainan glagahombo i tempel Sleman Yogyakarta. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 12(1), 51–57. (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/10216/7937).

Saputra, I. (2015). Modifikasi media pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Jurnal ilmu keolahragaan, 14(2), 35–41. (Online), (https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6112).

Subekti, T. B. A., Hanief, Y. N., & Mashuri, H. (2018). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli melalui permainan 3 on 3 pada siswa sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani dan olahraga, 3(2), 161–166. (Online), (https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i2.12414).

Yusmar, A. (2017). Upaya peningkatan teknik permainan bola voli melalui modifikasi permainan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal pajar (pendidikan dan pengajaran), 1(1), 143. (Online), (https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4381)

Ngasmain dan Soepartono. (1997). Modifikasi olahraga dan model pembelajarannya sebagai strategi pembinaan olahraga usia dini bernuansa pendidikan. Makalah disajikan pada konferensi nasional pendidikan jasmani dan olahraga. Bandung, 22-23 September.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333

Article Metrics

Abstract view : 101 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fauzan Effendy, Yudhi Kharisma, Riki Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Olah Raga

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528


View Stats