PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KETEPATAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA (Studi Eksperimen Pendekatan Bermain Pada Mahasiswa Penjaskesrek Semester I STKIP-PGRI Pontianak)
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v3i1.136Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Ketepatan Shooting Dalam Permainan Sepakbola Pada Mahasiswa Penjaskesrek Semester Satu STKIP-PGRI Pontianakâ€. Metode penelitian adalah metode Pre Experimental Design, bentuk desain  penelitian dalam hal ini adalah one group pre test-post tes only design.  Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putra semester satu STKIP-PGRI Pontianak dengan jumlah 145 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 orang yangmana diambil dari 30% dari jumlah populasi.   Hasil: diketahui bahwa t-hitung atau t-test 6.104 sedangkan t-tabel db= 27 (α=0.05) untuk taraf kepercayaan 95% = 2.052. dengan demikian hasil perhitungan ini menunjukkan t-test lebih besar dari t-test (t-test>t-tabel) 6.104 > 2.052 sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap ketepatan shooting dalam permainan sepakbola dan dikatakan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima dan penolakan hipotesis Nihil (H0). Kesimpulan : sesuai dengan hasil penelitian yang telah didapatkan, deskripsi data, analisis data, dan pengujian hipotesis, maka peneliti dapat mengemukakan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap ketepatan hooting dalam permainan sepakbola pada mahasiswa penjaskesrek semester satu STKIP-PGRI Ponrianak. Saran : (1) Bagi siswa atau pemain agar lebih giat dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti latihan untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang baik dan prestasi yang lebih tinggi. (2) Bagi guru Penjaskesrek : Hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi maupun acuan guna pengembangan  dalam pembelajaran.
Â
Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Ketepatan Shooting       Â
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.