DIMENSI PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI BERBASIS PERKEMBANGAN MOTORIK DENGAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ilham Surya Fallo IKIP PGRI Pontianak
  • Ardimansyah Ardimansyah
  • Netta Hidayati

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399

Keywords:

perkembangan motorik, komando, kasti

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta edukasi kepada guru PJOK dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar guru banyak menghadapi berbagai masalah pada kegiatan pembelajaran seperti fasilitas, keadaan sosial dan kebijakan pemerintah serta kebijakan sekolah yang kurang memberikan perhatian terhadap pendidikan jasmani siswa sekolah dasar. Pendidikan jasmani pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak dalam mempersiapkan menuju jenjang sekolah menengah pertama dan atas. Dengan demikian guru harus pandai dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Adapun beberapa domain yang terjadi sebagai hasil belajar  yaitu; 1) keterampilan intelektual, 2) informasi verbal, 3) strategi kognitif, 4) sikap dan emosional, 5) keterampilan motorik, 6) kognitif, 7) afektif, dan 8) psikomotor. Dengan perkembangan motorik siswa tersebut akan mendukung peningkatan keterampilan gerak yang akan menjadi permanen. Salah satu materi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak yaitu permainan kasti. Gaya mengajar komando (command) merupakan cara mengerjakan tugas dengan benar dan dalam waktu yang singkat, mengikuti semua keputusan yang dibuat oleh guru. Dengan gaya mengajar komando guru bisa membuat aktivitas dari yang sederhana ke yang sulit dari individu ke kelompok semua dilakukan dengan intruksi riang gembira dalam bentuk permainan sederhana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ilham Surya Fallo, IKIP PGRI Pontianak

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Olahraga

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Harsono. (2015). Kepelatihan olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutan, R. (1988). Belajar keterampilan motorik pengantar teori dan metode. Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti Depdikbud.

Lutan, R. (2002). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan di sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR.

Magill, R., A. (1980). Motor learning, concepts and application. Dubuqua, Iowa: WM.C. Brown Publisher.

Mahendra, A. (2009). Asas dan falsafah pendidikan jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Mosston, M. & Ashworth, S. (1994). Teaching physical education. Mac Millan College Publishing Company, Inc. USA.

Komari, A. (2010). Biomekanika olahraga. Yogyakarta: UNY Press.

Rifa’i, A. & Anni, C. (2011). Psikologi pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Singer, R., N. (1980). Motor learning and human per-formance. New York: Macmillan Publishing Company.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka cipta.

Sukintaka. (1992). Teori bermain untuk D2 PGSD penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulkifli, L. (2003). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2020-06-01

How to Cite

Fallo, I. S., Ardimansyah, A., & Hidayati, N. (2020). DIMENSI PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI BERBASIS PERKEMBANGAN MOTORIK DENGAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(1), 41–59. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399