DIMENSI PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI BERBASIS PERKEMBANGAN MOTORIK DENGAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ilham Surya Fallo, Ardimansyah Ardimansyah, Netta Hidayati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta edukasi kepada guru PJOK dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar guru banyak menghadapi berbagai masalah pada kegiatan pembelajaran seperti fasilitas, keadaan sosial dan kebijakan pemerintah serta kebijakan sekolah yang kurang memberikan perhatian terhadap pendidikan jasmani siswa sekolah dasar. Pendidikan jasmani pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak dalam mempersiapkan menuju jenjang sekolah menengah pertama dan atas. Dengan demikian guru harus pandai dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Adapun beberapa domain yang terjadi sebagai hasil belajar  yaitu; 1) keterampilan intelektual, 2) informasi verbal, 3) strategi kognitif, 4) sikap dan emosional, 5) keterampilan motorik, 6) kognitif, 7) afektif, dan 8) psikomotor. Dengan perkembangan motorik siswa tersebut akan mendukung peningkatan keterampilan gerak yang akan menjadi permanen. Salah satu materi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak yaitu permainan kasti. Gaya mengajar komando (command) merupakan cara mengerjakan tugas dengan benar dan dalam waktu yang singkat, mengikuti semua keputusan yang dibuat oleh guru. Dengan gaya mengajar komando guru bisa membuat aktivitas dari yang sederhana ke yang sulit dari individu ke kelompok semua dilakukan dengan intruksi riang gembira dalam bentuk permainan sederhana.


Keywords


perkembangan motorik, komando, kasti

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.

Harsono. (2015). Kepelatihan olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutan, R. (1988). Belajar keterampilan motorik pengantar teori dan metode. Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti Depdikbud.

Lutan, R. (2002). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan di sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR.

Magill, R., A. (1980). Motor learning, concepts and application. Dubuqua, Iowa: WM.C. Brown Publisher.

Mahendra, A. (2009). Asas dan falsafah pendidikan jasmani. Bandung: FPOK UPI.

Mosston, M. & Ashworth, S. (1994). Teaching physical education. Mac Millan College Publishing Company, Inc. USA.

Komari, A. (2010). Biomekanika olahraga. Yogyakarta: UNY Press.

Rifa’i, A. & Anni, C. (2011). Psikologi pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Singer, R., N. (1980). Motor learning and human per-formance. New York: Macmillan Publishing Company.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka cipta.

Sukintaka. (1992). Teori bermain untuk D2 PGSD penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulkifli, L. (2003). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ilham Surya Fallo, Ardimansyah Ardimansyah, Netta Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Olah Raga

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528


View Stats