DIMENSI PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI BERBASIS PERKEMBANGAN MOTORIK DENGAN GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1399Keywords:
perkembangan motorik, komando, kastiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta edukasi kepada guru PJOK dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani siswa sekolah dasar guru banyak menghadapi berbagai masalah pada kegiatan pembelajaran seperti fasilitas, keadaan sosial dan kebijakan pemerintah serta kebijakan sekolah yang kurang memberikan perhatian terhadap pendidikan jasmani siswa sekolah dasar. Pendidikan jasmani pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor anak dalam mempersiapkan menuju jenjang sekolah menengah pertama dan atas. Dengan demikian guru harus pandai dalam melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Adapun beberapa domain yang terjadi sebagai hasil belajar yaitu; 1) keterampilan intelektual, 2) informasi verbal, 3) strategi kognitif, 4) sikap dan emosional, 5) keterampilan motorik, 6) kognitif, 7) afektif, dan 8) psikomotor. Dengan perkembangan motorik siswa tersebut akan mendukung peningkatan keterampilan gerak yang akan menjadi permanen. Salah satu materi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan motorik anak yaitu permainan kasti. Gaya mengajar komando (command) merupakan cara mengerjakan tugas dengan benar dan dalam waktu yang singkat, mengikuti semua keputusan yang dibuat oleh guru. Dengan gaya mengajar komando guru bisa membuat aktivitas dari yang sederhana ke yang sulit dari individu ke kelompok semua dilakukan dengan intruksi riang gembira dalam bentuk permainan sederhana.
Downloads
References
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI no.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Depdiknas.
Harsono. (2015). Kepelatihan olahraga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lutan, R. (1988). Belajar keterampilan motorik pengantar teori dan metode. Jakarta: P2LPTK Ditjen Dikti Depdikbud.
Lutan, R. (2002). Pendidikan kebugaran jasmani: orientasi pembinaan di sepanjang hayat. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen OR.
Magill, R., A. (1980). Motor learning, concepts and application. Dubuqua, Iowa: WM.C. Brown Publisher.
Mahendra, A. (2009). Asas dan falsafah pendidikan jasmani. Bandung: FPOK UPI.
Mosston, M. & Ashworth, S. (1994). Teaching physical education. Mac Millan College Publishing Company, Inc. USA.
Komari, A. (2010). Biomekanika olahraga. Yogyakarta: UNY Press.
Rifa’i, A. & Anni, C. (2011). Psikologi pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Singer, R., N. (1980). Motor learning and human per-formance. New York: Macmillan Publishing Company.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka cipta.
Sukintaka. (1992). Teori bermain untuk D2 PGSD penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Zulkifli, L. (2003). Psikologi perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.