EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA CERMIN TERHADAP HASIL BELAJAR MEMUKUL BOLA SOFTBALL

Taufik Rihatno, Vicky Satria Gunawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar memukul bola softball pada siswa ekstrakurikuler softball SMA Negeri 1 Rangkasbitung.Pengambilan data dilakukan bulan Desember 2013 sampai bulan Januari 2014 di lapangan LPMP Rangkasbitung dan Sanggar senam Rangkasbitung, Lebak, Banten. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik uji-t.Hasil pengolahan data didapat bahwa pada kelompok yang menggunakan pembelajaran media video nilai rata-rata 8,91 dan media cermin nilai rata-rata 12,25 sedangkan untuknilai t hitung 3,67 dan nilai t tabel 2,07 jadi t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil () ditolak dan hipotesis kerja () diterima. Dengan demikian metode media cermin lebih efektif daripada metode media video terhadap hasil belajar memukul bola softball pada siswa ekstrakurikuler softball SMA Negeri 1 Rangkasbitung, Lebak Banten.

 

Kata Kunci: Media Video, Media Cermin, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/jpo.v3i1.140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Taufik Rihatno, Vicky Satria Gunawan




Jurnal Pendidikan Olah Raga

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528


View Stats