PENGEMBANGAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI BAKAT DAN PROGRAM PELATIHAN FISIK BAGI CALON ATLET O2SN

Authors

  • Stephani Yane IKIP PGRI Pontianak
  • Heri Rustanto

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1458

Keywords:

bakat, olahraga, pelatihan fisik

Abstract

Permasalahan yang dihadapi Oleh Dinas Pemuda Olahraga Kota Singkawang adalah menurunnya prestasi atlit pada tingkat pelajar pada gelaran O2SN, Kota Singkawang meraih tiga medali emas pada tahun 2016 dan sampai tahun 2017 peringkat semakin menurun meraih 1 medali perunggu sampai pada tahun 2018. Permasalahan mendasar yang menjadi faktor kegagalan tersebut adalah dikarenakan kurang optimalnya penelusuran bakat yang dilakukan oleh sekolah-sekolah pada tingkat dasar, dimana penelusuran hanya dilakukan dengan menggunakan infentarisir hasil lomba yang dipertandingkan pada tingkat sekolah saja serta kurangnya program pelatihan fisik yang diberikan kepada atlet. Berdasarkan permasalahan mendasar tersebut, maka peneliti terpanggil untuk melakukan penelitian pengembangan (Research and Development) model pengembangan Hannafin and Pack. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrument identifikasi bakat olahraga dan program pelatihan fisik bagi calon atlet O2SN Kota Singkawang Tahun 2020. Validasi instrument menggunakan angket kelayakan dari ahli dan respon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument identifikasi bakat olahraga dan program pelatihan fisik dinyatakan layak dan rata-rata respon guru terhadap instrument tersebut sebesar 99,50% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Stephani Yane, IKIP PGRI Pontianak

Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan

References

Bompa, Tudor O. 1990. Theory and methodology of training: the key to athletic performance. Dubuque. Iowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Botturi, L. 2003. Instructional design and learning technology standart: an overview. IceF-Quardeni dell'Istituo, 9.

Cholik, Mutohir, T. 2002. Gagasan-gagasan tentang pendidikan jasmani dan olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga. 1999. Pedoman pemanduan bakat olahraga. Jakarta: Kantor MENPORA

Ridwan. 2014. Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta Press.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, dkk. 2014. Model penelitian dan pengembangan. Bali: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Yane, S., & Rustanto, H. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN IDENTIFIKASI BAKAT DAN PROGRAM PELATIHAN FISIK BAGI CALON ATLET O2SN. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 202–211. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1458