PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898Keywords:
Persepsi siswa, pembelajaran, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini dilarbelakangi oleh Persepsi Siswa Kelas X Pada PJOK di SMAN 13 Tangerang. Dikarenakan banyak perbedaan pemahaman, motivasi, dan persepsi masing-masing individu. Untuk mengetahui persepsi siswa peneliti mengadakan indikatornya, seperti fakor internal meliputi, proses belajar, motivasi, dan kepripadian. Sedangkan faktor eksternal meliputi, intensitas, ukuran, keberlawanan, pengulangan, gerakan dan hal-hal baru. Penelitian ini penelitian survei deskriptif. Populasinya berjumlah 282 siswa. Sampel yang diambil 56 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan dari bentuknya termasuk kedalam angket rating scale. Memakai skor Skala Likert. Hasil penelitian dari secara keseluruhan menunjukan persepsi siswa kelas X pada pembelajaran PJOK pada kategori kurang baik dengan persentase (60%).
Downloads
References
Agastya. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Metrologia, 53(5), 1–116.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.
Irfan, Z. A., & R Yuda, K. A. (2017). Persepsi Mahasiswa PJKR Pada Matakuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal Pedagogik Olahraga, 03(2), 1–13.
Kurniasih, I., Miskalena, & Ifwandi. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Upaya Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatam dalam Memofidikasi Media Pembelajaran Permainan Bola Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Rekreasi, 3(3), 159–167.
Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 154–164.
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Depdikbud: Jakarta.
Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Satria. (2017). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Tujuan Pendidikan Jasmani. Jurnal Student Uny, 6(9), 1–8.
Setiawan, S. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suhardi dan Nurcahyo, F. (2014). Persepsi Siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Wonosobo Terhadap Nilai-nilai Sosial Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 20.
Taovan, R. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 2 Tempel Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 1, 1–9.
Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wibowo, H., & Gani, R. A. (2018). Pendidikan Jasmani Materi Ajar Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Majalaya. 1(1), 45–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.
Similar Articles
- Muhammad Daffa Hilman zaky, Ruslan Abdul Gani, Abduloh Abduloh, PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 PURWASARI , Jurnal Pendidikan Olah Raga: Vol. 12 No. 2 (2023): December: Jurnal Pendidikan Olah Raga
- Suria Wikarta Dimadja, Firman Septiadi, Wening Nugraheni, Bachtiar Bachtiar, Edi Setiawan, Zsolt Németh, Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Covid-19 : Menyelidiki Persepsi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Terhadap Blended Learning , Jurnal Pendidikan Olah Raga: Vol. 12 No. 1 (2023): June: Jurnal Pendidikan Olahraga
You may also start an advanced similarity search for this article.