PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898

Keywords:

Persepsi siswa, pembelajaran, pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian ini dilarbelakangi oleh Persepsi Siswa Kelas X Pada PJOK di SMAN 13 Tangerang. Dikarenakan banyak perbedaan pemahaman, motivasi, dan persepsi masing-masing individu. Untuk mengetahui persepsi siswa peneliti mengadakan indikatornya, seperti fakor internal meliputi, proses belajar, motivasi, dan kepripadian. Sedangkan faktor eksternal meliputi, intensitas, ukuran, keberlawanan, pengulangan, gerakan dan hal-hal baru. Penelitian ini penelitian survei deskriptif. Populasinya berjumlah 282 siswa. Sampel yang diambil 56 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup, dan dari bentuknya termasuk kedalam angket rating scale. Memakai skor Skala Likert. Hasil penelitian dari secara keseluruhan menunjukan persepsi siswa kelas X pada pembelajaran PJOK pada kategori kurang baik dengan persentase (60%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Irfan Rahman, Universitas Singaperbangsa Karawang

-

References

Agastya. (2015). Persepsi dan Sikap Masyarakat Terhadap Penanggalan Jawa dalam Penentuan Waktu Pernikahan (Studi Kasus Desa Jonggrang Kecamatan Barat Kabupaten Magetan. Metrologia, 53(5), 1–116.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3).

Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.

Irfan, Z. A., & R Yuda, K. A. (2017). Persepsi Mahasiswa PJKR Pada Matakuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal Pedagogik Olahraga, 03(2), 1–13.

Kurniasih, I., Miskalena, & Ifwandi. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Upaya Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatam dalam Memofidikasi Media Pembelajaran Permainan Bola Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Dan Rekreasi, 3(3), 159–167.

Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 154–164.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Depdikbud: Jakarta.

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Satria. (2017). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Tujuan Pendidikan Jasmani. Jurnal Student Uny, 6(9), 1–8.

Setiawan, S. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suhardi dan Nurcahyo, F. (2014). Persepsi Siswa SMK Negeri 2 Kabupaten Wonosobo Terhadap Nilai-nilai Sosial Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Permainan Sepakbola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(2), 20.

Taovan, R. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 2 Tempel Daerah Istimewa Yogyakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi., 1, 1–9.

Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum, Edisi Revisi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wibowo, H., & Gani, R. A. (2018). Pendidikan Jasmani Materi Ajar Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Majalaya. 1(1), 45–50.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Rahman, I., Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). PERSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TINGKAT SMA. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 9(2), 144–154. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1898