Tingkat Pemahaman Aktivitas Renang Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v9i2.1899Keywords:
, Tingkat Pemahaman, Aktivitas Renang, Siswa SMKN 8 Kota Bekasi.Abstract
Penelitian ini dilarbelakangi oleh tidak adanya pembelajaran teori dikelas yang dikhususkan untuk renang, dan waktu pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran renang yang dilakukan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman aktivitas renang pada siswa kelas X SMKN 8 Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Tehnik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal pilihan ganda. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas X SMKN 8 Kota Bekasi yang berjumlah 251 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 130 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu qouta sampling. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman aktivitas renang pada siswa kelas X di SMKN 8 Kota Bekasi secara keseluruhan berada pada kategori “Baik†dengan jumlah 43 siswa dan presentase sebesar (33%).
Downloads
References
Abdul Gani, R., Sukur, A., & Nugroho, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Renang Gaya Kupu-Kupu Melalui Strategi Pembelajaran Variatif Bagi Mahasiswa. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 18(2), 107–113. https://doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621
Achmad, I. Z., & R, A. K. Y. (2013). Persepsi Mahasiswa Pjkr Pada Matakuliah Pembelajaran Permainan Bola Voli Di Universitas Singaperbangsa Karawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (cetakan kelima belas). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2013, tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta: Dekdikbud.
Dwiyogo, W. D. (2010). Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
Gani, R. A., Achmad, I. Z., & Keguruan, F. (2020). Physical Fitness Swimming Athlete In UNSIKA aktifitasnya atau mengerjakan tugas dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 115–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i2.784 Physical
Gani, Ruslan Abdul 2017. Modul permainan air water fun. Bekasi. Samaridu.
Hasan, S., Winarno, M. E., & Tomi, A. (2015). Pengembangan Model Permainan Gerak Dasar Lempar Untuk Siswa Kelas V Sdn Tawangargo 4 Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 182–200.
Martindar, F. B., & Hartati, S. C. Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(1), 164–170.
Pahliwandari, R. (2016). Penerapan Teori Pembelajaran Kognitif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 154–164.
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Rahayu, E. T. (2013). Strategi Belajar Mengajar Penjaskes. Depdikbud: Jakarta.
Risyanto, A. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 175–183.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. xiii.
Sugiyono, P. D. (2013). Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.
Suharto, T. H. (2017). Pengaruh Metode Latihan Dan Kecemasan Terhadap Keterampilan Renang Gaya Punggung. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(2), 154–163. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4252
Ulinnuha, A. (2017). Tingkat Pemahaman Aktivitas Renang Pada Siswa Level of Understanding of Swimming Activity on Eleventh Grade Students in Sman 1 Jogonalan Klaten. 1, 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.