HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA (Studi korelasi pada mahasiswa putra di STKIP PGRI Pontianak)

Authors

  • Rusdi Rusdi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v2i2.235

Abstract

Penelitian ini tergolong dalam metode survey dengan menggunakan teknik korelasional hubungan antara variabel kekuatan otot lengan, panjang lengan dan daya ledak otot tungkai dengan keterampilan renang gaya dada pada mahasiswa STKIP-PRGI Pontianak. Penelitian yang menggunakan sampel sebanyak 30 mahasiswa yang telah lulus mata kuliah gerak dasar renang. Hasil penelitian yang didapat menggambarkan (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan keterampilan renang gaya dada (2) terdapat hubungan yang signifikan antara panjang lengan dengan keterampilan renang gaya dada (3) terdapat hubungan yang signifikan antara daya ledak otot tungkai dengan keterampilan renang gaya dada (4) dan yang terakhir terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kekuatan otot lengan, panjang lengan dan daya ledak otot tungkai secara bersama – sama dengan keterampilan renang gaya dada pada mahasiswa putra di STKIP-PGRI Pontianak.

Kata kunci: kekuatan otot lengan, panjang lengan, daya ledak otot tungkai dan keterampilan renang gaya dada

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rusdi Rusdi

Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP PGRI Pontianak Jalan Ampera No.88 Pontianak 78116

Published

2016-08-12

How to Cite

Rusdi, R. (2016). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KETERAMPILAN RENANG GAYA DADA (Studi korelasi pada mahasiswa putra di STKIP PGRI Pontianak). Jurnal Pendidikan Olah Raga, 2(2), 176–187. https://doi.org/10.31571/jpo.v2i2.235