KEMAMPUAN PERSEPSI MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3,4,5

Authors

  • Touvan Juni Samodra Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v10i1.2378

Keywords:

persepsi motorik, Pendidikan jasmani, motorik, belajar gerak

Abstract

Persepsi motorik merupakan kemampuan modal awal untuk siswa dapat melakukan transfer belajar dengan cepat. Normalnya kemampuan persepsi motorik siswa akan semakin meningkat dengan meningkatkan kemampuan kognisi, pengalaman gerak, kematangan system saraf, serta seiring dengan pertumbuhan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas 3,4,5. Penelitian dilakukan dengan survey dengan melakukan  tes. Tes yang dilakukan dilaksanakan oleh pengamat (1 dosen dan 2 guru pendidikan jasmani), dengan instrument persepsi motorik dan mengisi lembar observasi yang telah disediakan. Sampel 75 siswa sekolah dasar putra, 25 siswa kelas 3, 31siswa kelas 4 dan, 19 siswa kelas 5. Data dianalisis dengan deskriptif dan uji beda, data dinyatakan tidak normal sehingga dipergunakan statistik non parametrik Kruskal Wallis. Hasil analisis memberikan bukti bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan persepsi motorik siswa putra kelas 3,4,5. Berdasarkan pada temuan ini maka implikasi dalam pendidikan jasmani untuk olahraga permainan kelas 3 sudah dapat disamakan  dan diikutsertakan dalam permaian yang dilakukan siswa kelas atas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriwiyanto, A. (2019). Upaya Peningkatan Gerak Dasar Dengan Pendekatan Games Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2(2), 12. https://doi.org/10.26418/jilo.v2i2.36498

Bucher & Deborah. (1995). Foundation of PE and Sport. Mosby. Toronto

Carl, Elixabeth and Susan. (1987). Physical education for children. New Jersey. Prentice-Hall.

Censor, N., Sagi, D., & Cohen, L. G. (2012). Common Mechanisms of Human Perceptual and Motor Learning. Nature Reviews Neuroscience, 13(9), 658–664. https://doi.org/10.1038/nrn3315

Darainy, M., Vahdat, S., & Ostry, D. J. (2013). Perceptual learning in sensorimotor adaptation. Journal of Neurophysiology, 110(9), 2152–2162. https://doi.org/10.1152/jn.00439.2013

Fadlyana, E., Alisjahbana, A., Nelwan, I., Noor, M., Selly, S., & Sofiatin, Y. (2016). Pola Keterlambatan Perkembangan Balita di daerah Pedesaan dan Perkotaan Bandung, serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Sari Pediatri, 4(4), 167–175. https://doi.org/10.14238/sp4.4.2003.168-75

Fanani, N. Z., Adri Gabriel Sooai, Surya Sumpeno, & Mauridhi Hery Purnomo. (2020). Penentuan Kemampuan Motorik Halus Anak dari Proses Menulis Hanacaraka Menggunakan Random Forest. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 9(2), 148–154. https://doi.org/10.22146/jnteti.v9i2.153

Gallahue D, (1982). Developmental Movement Experience for Childrent. Canada. John Wiley & Sons

Graham G, Shirley Ann/Hale, Melisa Pr. (2007). Children Moving. New York. McGraw-Hill.

Filimon, F., Philiastides, M. G., Nelson, J. D., Kloosterman, N. A., & Heekeren, H. R. (2013). How Embodied is Perceptual Decision Making? Evidence for Separate Processing of Perceptual and Motor Decisions. Journal of Neuroscience, 33(5), 2121–2136. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.2334-12.2013

Hagura, N., Haggard, P., & Diedrichsen, J. (2017). Perceptual Decisions are biased by the Cost to act. ELife, 6, e18422. https://doi.org/10.7554/eLife.18422

Ishizu, T., & Zeki, S. (2013). The brain’s Specialized Systems for Aesthetic and Perceptual Judgment. European Journal of Neuroscience, 37(9), 1413–1420. https://doi.org/10.1111/ejn.12135

Kaplan, G., McDaniel, T., Abbas, J., Tadayon, R., & Panchanathan, S. (2019). A Time-Discrete Haptic Feedback System for Use by Persons with Lower-Limb Prostheses During Gait. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics). https://doi.org/10.1007/978-3-030-23563-5_21

Makino, H., Hwang, E. J., Hedrick, N. G., & Komiyama, T. (2016). Circuit Mechanisms of Sensorimotor Learning. Neuron, 92(4), 705–721. https://doi.org/10.1016/j.neuron.2016.10.029

Naranjo, J. R., & Schmidt, S. (2012). Is it me or not me? Modulation of perceptual-motor awareness and visuomotor performance by mindfulness meditation. BMC Neuroscience, 13(1), 88. https://doi.org/10.1186/1471-2202-13-88

Nieuwenhuys, A., & Oudejans, R. R. D. (2012). Anxiety and perceptual-motor performance: Toward an integrated model of concepts, mechanisms, and processes. Psychological Research, 76(6), 747–759. https://doi.org/10.1007/s00426-011-0384-x

Nudesti, N. P. (2020). Hubungan Baby Spa Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi Usia 6 Bulan Di Riu Mom Kids and Baby Spa Pati. TSJKeb_Jurnal, 5(1), 22–29.

Ostry, D. J., & Gribble, P. L. (2016). Sensory Plasticity in Human Motor Learning. Trends in Neurosciences, 39(2), 114–123. https://doi.org/10.1016/j.tins.2015.12.006

Pura, D. N. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140.

Puspita, M., Octavia, D., & Saputro, D. I. (2017). Hubungan Asupan Gizi Seimbang, Pola Asuh dengan Perkembangan Motorik Balita Gizi Kurang di Kota Jambi. Riser Informasi Kesehatan, 6(1), 83–89.

Rofi’ah, S., & Widiyati, E. (2020). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Edukasi “Travel Playmat†Untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 7 Tahun. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 410–416. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.842

Safari, I., & Saptani, E. (2019). Metode latihan dan koordinasi mata tangan meningkatkan akurasi forehand sidespin service tenis meja. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 174–181. https://doi.org/10.21831/jk.v7i2.26788

Schwartz, J. L., Basirat, A., Ménard, L., & Sato, M. (2012). The Perception-for-Action-Control Theory (PACT): A perceptuo-motor theory of speech perception. Journal of Neurolinguistics, 25(5), 336–354. https://doi.org/10.1016/j.jneuroling.2009.12.004

Downloads

Published

2021-07-28

How to Cite

Samodra, T. J. (2021). KEMAMPUAN PERSEPSI MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 3,4,5. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(1), 67–81. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i1.2378