PENGARUH LATIHAN POWER TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN SMASH ATLET BOLA VOLI PUTRA YUNIOR BROJOMUSTI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v10i1.2620Keywords:
Bolavoli, smash, powerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh dari latihan power tungkai terhadap kemampuan smash bola voli,Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen. Dengan menggunakan rancanagan one grup pretest-posttest design. Yaitu penelitian dengan menggunakan satu kelompok untuk diberikan treatment selama waktu yang ditentukan kemudian membandingkan hasil tes awal dan tes akhir. Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah siswa atlet bola voli putra yunior brojomusti sebanyak 18 orang atlet. Dari Hasil uji statistik variabel diperoleh nilai uji-t antara pre test dan post test yang memiliki nilai t hitung 31,647 > t tabel 2,1098 (df = 17) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi 5%), karena t hitung lebih besar dari t tabel maka terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan Smash bola voli atlet bola voli putra yunior brojomusti..
Â
Â
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Artanty, A., & Lufthansa, L. (2017). Pengaruh Latihan Lari 15 Menit Terhadap Kemampuan VO2MAX. Jurnal Jendela Olahraga.
Astuti, Y. (2017). Pengaruh Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Keterampilan Bermain Bola Voli Mini (Studi Eksperimen Pada Siswa SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1276
Bangun, S. Y. (2016). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA PADA LEMBAGA PENDIDIKANDI INDONESIA. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Munajat, I. (2019). PENGGUNAANPENDEKATAN BERMAIN BEREGU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PASSING BOLA VOLI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-A SMP Negeri 4 tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.25157/wa.v6i1.2053
Rahmawati, A., & Huda, A. (2018). Senam Pagi untuk Membangun Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p026
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA.
Samsudin, S., & Rahman, H. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran drill, bermain, dan kelincahan terhadap kemampuan passing dalam permainan bola voli. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10899
Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. In Modul Metode Pengembangan Fisik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.