TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMPURAN

Authors

  • Asep Sunandar Sunarya
  • Aria Kusuma Yuda universitas singaperbangsa karawang
  • Muhammad Mury Safei

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2922

Keywords:

Pengetahuan siswa, kelas XI, pembelajaran senam lantai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai di SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode survei, instrumen berupa te pilihan ganda, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran yang berjumlah 30 orang. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam presentase. Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai berada dikategori “sangat rendah†7%, “rendahâ€23%, “sedang†27%, “tinggi†40%, dan “sangat tinggi†1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, H. (2011). Pola Gerak Dalam Senam 1. Jakarta: CV Ipa Abong.

Ardiyanto, F. (2017). Tingkat pengetahuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muntilan tentang aktivitas ritmik.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Depdiknas, (2004). Buku IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Direktorat Pend, TK SD.

Hadi, S. (2016). Analisis butir untuk instrumen. Yogyakarta: Andi Offset. Hamamlik, O. (2011). Media pendidikan. Bandung: Penertbit Alumni.

Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan peresepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan intruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.

Haryanto, Ibrahim, (2012). Dr. Olahraga Mengenal Teknik Senam Dasar. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka ( Persero)

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Media Grub.

Kholid, A. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori prilaku, media, dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo.

Krismanto, F.A. (2014). Tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani terhadap materi pembelajaran bola basket di SMA Negeri se- Kabupaten Banyumas. Skripsi sarjana. Tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutan, R. (2012). Strategi pembelajaran penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Made, S. (2012). Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani melalui pengembangan media pembelajaran di SMP 2 Wonosari. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahendra, A. (2011). Pemanduan bakat olahraga senam. Jakarta: Depdiknas.

Muhajir. (2014). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Yudistira.

Mulyasa, E. (2015). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Nasikha, D. (2018). Tingkat pengetahuan siswa kelsa IV tentang keselamatan dalam pembelajaran penjasorkes di SD Palbapang. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Sunarya, A. S., Yuda, A. K., & Safei, M. M. (2022). TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMPURAN. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(2), 125–136. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2922