TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMPURAN

Asep Sunandar Sunarya, Aria Kusuma Yuda, Muhammad Mury Safei

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai di SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode survei, instrumen berupa te pilihan ganda, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran yang berjumlah 30 orang. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam presentase. Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai berada dikategori “sangat rendah” 7%, “rendah”23%, “sedang” 27%, “tinggi” 40%, dan “sangat tinggi” 1%.


Keywords


Pengetahuan siswa; kelas XI; pembelajaran senam lantai

Full Text:

PDF

References


Agusta, H. (2011). Pola Gerak Dalam Senam 1. Jakarta: CV Ipa Abong.

Ardiyanto, F. (2017). Tingkat pengetahuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muntilan tentang aktivitas ritmik.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Depdiknas, (2004). Buku IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Direktorat Pend, TK SD.

Hadi, S. (2016). Analisis butir untuk instrumen. Yogyakarta: Andi Offset. Hamamlik, O. (2011). Media pendidikan. Bandung: Penertbit Alumni.

Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan peresepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan intruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.

Haryanto, Ibrahim, (2012). Dr. Olahraga Mengenal Teknik Senam Dasar. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka ( Persero)

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Media Grub.

Kholid, A. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori prilaku, media, dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo.

Krismanto, F.A. (2014). Tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani terhadap materi pembelajaran bola basket di SMA Negeri se- Kabupaten Banyumas. Skripsi sarjana. Tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lutan, R. (2012). Strategi pembelajaran penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Made, S. (2012). Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani melalui pengembangan media pembelajaran di SMP 2 Wonosari. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahendra, A. (2011). Pemanduan bakat olahraga senam. Jakarta: Depdiknas.

Muhajir. (2014). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Yudistira.

Mulyasa, E. (2015). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.

Nasikha, D. (2018). Tingkat pengetahuan siswa kelsa IV tentang keselamatan dalam pembelajaran penjasorkes di SD Palbapang. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka




DOI: https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asep Sunandar Sunarya, Aria Kusuma Yuda, Muhammad Mury Safei

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Olah Raga

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528


View Stats