TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN TEMPURAN
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2922Keywords:
Pengetahuan siswa, kelas XI, pembelajaran senam lantaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai di SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, instrumen berupa te pilihan ganda, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kecamatan Tempuran yang berjumlah 30 orang. Teknik analsis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam presentase. Hasil dari penelitian ini menjukan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas XI terhadap pembelajaran senam lantai berada dikategori “sangat rendah†7%, “rendahâ€23%, “sedang†27%, “tinggi†40%, dan “sangat tinggi†1%.
Downloads
References
Agusta, H. (2011). Pola Gerak Dalam Senam 1. Jakarta: CV Ipa Abong.
Ardiyanto, F. (2017). Tingkat pengetahuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Muntilan tentang aktivitas ritmik.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.
Depdiknas, (2004). Buku IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Untuk Sekolah Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Direktorat Pend, TK SD.
Hadi, S. (2016). Analisis butir untuk instrumen. Yogyakarta: Andi Offset. Hamamlik, O. (2011). Media pendidikan. Bandung: Penertbit Alumni.
Hendrayana, Y, Mulyana, A & Budiana, D. (2018). Perbedaan peresepsi guru pendidikan jasmani terhadap orientasi tujuan intruksional pada pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar. Journal of Physical Education and Sport, Volume 1 Nomor 1.
Haryanto, Ibrahim, (2012). Dr. Olahraga Mengenal Teknik Senam Dasar. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka ( Persero)
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Media Grub.
Kholid, A. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori prilaku, media, dan aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo.
Krismanto, F.A. (2014). Tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani terhadap materi pembelajaran bola basket di SMA Negeri se- Kabupaten Banyumas. Skripsi sarjana. Tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kuswana, W.S. (2012). Taksonomi Kognitif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lutan, R. (2012). Strategi pembelajaran penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Made, S. (2012). Peningkatan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani melalui pengembangan media pembelajaran di SMP 2 Wonosari. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahendra, A. (2011). Pemanduan bakat olahraga senam. Jakarta: Depdiknas.
Muhajir. (2014). Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: Yudistira.
Mulyasa, E. (2015). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Rosda Karya.
Nasikha, D. (2018). Tingkat pengetahuan siswa kelsa IV tentang keselamatan dalam pembelajaran penjasorkes di SD Palbapang. Skripsi sarjana, tidak dipublikasikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.