PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN SOFTGAME TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2988Keywords:
permainan, permainan softgame, perilaku sosialAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku sosial antara kelompok siswa yang diterapkan permainan softgame dan kelompok siswa yang diberikan perlakuan seperti biasanya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain “Pretest-Posttest Control group design†dengan alat pengumpulan data berupa angket perilaku sosial. Subjek penelitian yaitu siswa di SMP Negeri 1 Lembang yang mengikuti ekstrakurikuler Taekwondo yang terdiri dari 30 siswa terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok permainan softgame dan kelompok konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penerapan permainan softgame terhadap perilaku sosial pada kelompok softgame. Sedangkan pada kelompok konvensional tidak berpengaruh terhadap perilaku sosial siswa. Maka, kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini bahwa penerapan perilaku sosial berpengaruh terhadap peningkatan perilaku sosial siswa.
Downloads
References
Aminudin, A. (2014). Pengaruh Outdoor Education Melalui Hard Games dan Soft Games terhadap Self Esteem Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
Arini. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outbound Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kotaagung Tanggamus. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand
Hakim, A., & Kumala, F. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbound. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173–182.
Khaidir, A. (2012). Pendidikan Karakter (Sebuah Refleksi Pendekatan dalam Ilmu Sains. Sukabina Press Padang, 53.
M. Fadillah. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.
Mudzakir, D. O., & Mubarok, M. Z. (2020). Pengaruh Outdoor Education Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 15. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1337
Oktaviyanti, R. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd. Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd, 5(2), 77–84.
Rois, S. (2011). Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Straddle. Digilib.Uns.Ac.Id, 67.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap minat latihan dan kepemimpinan. Academia, 1, 1–19.
Susanti, N., & Harningtyas, S. (2019). Efektifitas Permainan Tradisional Engklek Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Ketrampilan Sosial Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Sdlb Negeri Kedungkandang Kota Malang. Bravo’s STKIP PGRI Jombang Journals, 6, 115–121. https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1329
Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287
Sutoyo. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Metode Bermain Kelas V Sekolah Dasar Jiyu I Kecamatan Kutorejo. 1(2), 45–53.
Tirtawirya, D. (2005). Perkembangan Dan Peranan Taekwondodalam Pembinaan Manusia Indonesia. Jurnal Olahraga Prestasi, 1(2), 115607. https://doi.org/10.21831/jorpres.v1i2.6869
Wan Nova, L. (2015). Anak Sebagai Makhluk Sosial. Anak Sebagai Makhluk Sosial, 1(1), 14–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.