PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN SOFTGAME TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA

Authors

  • Ismail Hasan Muttaqien Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2988

Keywords:

permainan, permainan softgame, perilaku sosial

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perilaku sosial antara kelompok siswa yang diterapkan permainan softgame dan kelompok siswa yang diberikan perlakuan seperti biasanya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain “Pretest-Posttest Control group design†dengan alat pengumpulan data berupa angket perilaku sosial. Subjek penelitian yaitu siswa di SMP Negeri 1 Lembang yang mengikuti ekstrakurikuler Taekwondo yang terdiri dari 30 siswa terbagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok permainan softgame dan kelompok konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh dari penerapan permainan softgame terhadap perilaku sosial pada kelompok softgame. Sedangkan pada kelompok konvensional tidak berpengaruh terhadap perilaku sosial siswa. Maka, kesimpulan yang didapat  dalam penelitian ini bahwa penerapan perilaku sosial berpengaruh terhadap peningkatan perilaku sosial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminudin, A. (2014). Pengaruh Outdoor Education Melalui Hard Games dan Soft Games terhadap Self Esteem Siswa. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Arini. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outbound Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kotaagung Tanggamus. Computers and Industrial Engineering, 2(January), 6. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand

Hakim, A., & Kumala, F. (2016). Pengembangan Karakter Melalui Kegiatan Outbound. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 173–182.

Khaidir, A. (2012). Pendidikan Karakter (Sebuah Refleksi Pendekatan dalam Ilmu Sains. Sukabina Press Padang, 53.

M. Fadillah. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. PG-PAUD Univeristas Muhammadiyah Ponorogo.

Mudzakir, D. O., & Mubarok, M. Z. (2020). Pengaruh Outdoor Education Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Dalam Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Olahraga, 9(1), 15. https://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1337

Oktaviyanti, R. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd. Implementasi Nilai-Nilai Sosial Dalam Membentuk Perilaku Sosial Siswa Sd, 5(2), 77–84.

Rois, S. (2011). Penerapan Metode Bermain untuk Meningkatkan Pembelajaran Lompat Tinggi Gaya Straddle. Digilib.Uns.Ac.Id, 67.

Suharyat, Y. (2009). Hubungan antara sikap minat latihan dan kepemimpinan. Academia, 1, 1–19.

Susanti, N., & Harningtyas, S. (2019). Efektifitas Permainan Tradisional Engklek Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Ketrampilan Sosial Pada Anak Tunagrahita Ringan Di Sdlb Negeri Kedungkandang Kota Malang. Bravo’s STKIP PGRI Jombang Journals, 6, 115–121. https://doi.org/10.32682/bravos.v7i3.1329

Susanto, N. (2017). Hakikat Dan Signifikansi Permainan. Jendela Olahraga, 2(1), 99–104. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1287

Sutoyo. (2020). Peningkatan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Metode Bermain Kelas V Sekolah Dasar Jiyu I Kecamatan Kutorejo. 1(2), 45–53.

Tirtawirya, D. (2005). Perkembangan Dan Peranan Taekwondodalam Pembinaan Manusia Indonesia. Jurnal Olahraga Prestasi, 1(2), 115607. https://doi.org/10.21831/jorpres.v1i2.6869

Wan Nova, L. (2015). Anak Sebagai Makhluk Sosial. Anak Sebagai Makhluk Sosial, 1(1), 14–23.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Muttaqien, I. H. (2022). PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN SOFTGAME TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(2), 152–161. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.2988