PENINGKATKAN PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE LEARNING TOGETHER
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v5i1.313Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan pembelajaran Passing Bawah bola voli melalui metode Learning Together. Adapun variabel masalah adalah passing bawah bola voli dan variabel tindakan adalah metode learning together. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kubu Kabupaten Kubu Raya sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpul data lembar observasi dan instrumen proses. Diperoleh bahwa peningkatan pembelajaran terjadi di pra siklus hanya 38,71% atau 12 siswa yang tuntas dengan rata-rata 63,06, pada siklus I sebesar 58,06% atau 18 siswa dengan rata-rata 70,70 dan di siklus II meningkat menjadi 93,55% atau 29 siswa dengan rata-rata 78,54. Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan adanya peningkatan pembelajaran passing bawah bola voli setelah diberikan penerapan metode learning together.
Kata Kunci: Passing Bawah, Bola Voli, Metode Learning Together.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.