PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SD KELAS V

Authors

  • Sumbara Hambali Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v5i1.314

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli dengan menggunakan metode bermain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukasirna Kec. Paseh Kab. Sumedang.Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakansesuai rencana dan metode pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran passing bawah adalah sebesar71,48 atau 74,07% siswa lulus, dan 25,93% siswa belum lulus. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran passing bawah meningkat menjadi 78,52 atau 92,59% siswa lulus dan sisanya 7,41% siswa belum lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah menggunakan metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sukasirna Kec. Paseh Kab. Sumedang.

Kata Kunci: Metode Bermain, Hasil Belajar, Passing Bawah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-09-20

How to Cite

Hambali, S. (2016). PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PADA PERMAINAN BOLA VOLI SISWA SD KELAS V. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.31571/jpo.v5i1.314