PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF SEKOLAH MENEGAH ATAS KABUPATEN INDRAMAYU DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3141Keywords:
Pengembangan, Kebugaran Jasmani, Multimedia InteraktifAbstract
Kebugaran jasmani adalah suatu kondisi dimana secara fisik menggambarkan potensi dan kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu dengan hasil yang optimal tanpa menyebabkan kelelahan dan masih memiliki energi untuk menangani jangka waktu darurat dan tugas. Sumber siswa yang masih terbatas, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran produk multimedia, kebuagaran jasmani untuk siswa sekolah menengah. Produk ini sesuai untuk digunakan dengan memperoleh kriteria “sangat baikâ€. Dalam penelitian dan pengambangan pembelajaran kebugaran jasmani berbasis multimedia interkatif sekolah menengah atas kabupaten indramayu ini. Model yang digunakan adalah pendekatan Research And Developmen (R&D) dengan menggunakan model pengembangan untuk multimedia yang dikembangkan oleh Lee & Owens . Subjek uji coba kelompok kecil adalah 10 siswa, sedangkan subjek uji coba kelompok besar adalah 50 siswa. Hasil penelitian diperoleh data dari ahli media sebesar 93%, ahli kebugaran jasmani 1 sebesar 84%, ahli kebugaran jasmani 2 sebesar 83%, ahli pengguna guru PJOK kelas X SMAN 1 Bongas sebesar 88%, ahli pengguna guru PJOK kelas XI dan XII SMAN 1 Anjatan sebesar 84%, uji coba kelompok kecil kelas X SMAN 1 Bongas sebesar 84% dan uji coba kelompok besar kelas XI dan XII SMAN 1 Anjatan sebesar 86%. bahwa prosuk pengembangan ini layak di gunakan.
Â
Downloads
References
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V6i3.2270
Carmin D, C. (2011). Anatomy A Regional Atlas Of The Human Body. In The American Journal Of Sports Medicine (Sixth Edit, Vol. 10, Issue 1). Https://Doi.Org/10.1177/036354658201000116
Cerika Rismayanthi. (2012). Hubungan Status Gizi Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(1), 29–38. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V42i1.2229
Eka Agustian. (2020). Penerapan Media Gambar Dan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas 9 Di Smp Laboratorium Percontohan Upi. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.
Faizal Chan. (2012). Strength Training. Cerdas Sifa, 1(1), 1–8. Https://Online-Journal.Unja.Ac.Id/Index.Php/Csp/Article/View/703
Gani, R. A., & Achmad, I. Z. (2020). Physical Fitness Swimming Athlete In UNSIKA. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(2), 115–125. Https://Doi.Org/10.33503/Jp.Jok.V3i2.784
Gunawan, A., Darmawan, D., & Maskur, M. (2017). Pemanfaatan Multimedia Interaktif Model Tutorial Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kesehatan Bidang Bola Basket Di Sman 27 Garut. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 318–319. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31980/Tp.V2i2.121.G146
Haris Akbar, M. (2016). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X, XI Dan XII Sman 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 702–708.
Heni Puji Wahyuningsih, Y. K. (2017). Anatomi Fisiologi (A. M. Bangun Asmo Darmanto, S.Des, Ayuningtias Nur Aisyah (Ed.); Cetakan Pe). Https://Id1lib.Org/Book/6006886/9b7f13
Ibrahim Budi. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sman 1 Tambun Utara Kelas Xi Tahun 2017 Ditinjau Dari Kebiasaan Berolahraga Dan Merokok. Https://Eprints.Uny.Ac.Id/56159/1/SKRIPSI_IBRAHIM BUDI SATRIO_12603141004.Pdf
Junaedi, A., & Wisnu, H. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sma, Smk, Dan Ma Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842. Https://Core.Ac.Uk/Download/Pdf/230797256.Pdf
Juniarta, T., & Siswantoyo, S. (2014). Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handicap Games) Untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 88–105. Https://Doi.Org/10.21831/Jk.V2i1.2606
Novan Arzani, Ari Wibowo Kurniawan, R. K. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science And Health, 2(1), 78–92. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jfik/Article/View/11692/5123
Prakoso, D. P., & Setiyo Hartoto. (2015). Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolavoli Di SMS DR.Soetomo Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, Volume 3, 9–13.
Prasetio, E., Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa Smp Negeri 29 Bengkulu Utara. Kinestetik, 1(2), 86–91. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jk.V1i2.3470
Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. Https://Doi.Org/10.35706/Jlo.V1i1.3979
Rathomi Indra Firdaus, Ari Wibowo Kurniawan, F. Paulina H. (2019). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif Di SMAN 1 Turen. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 130–143. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um040v3i2p130-143
Sari, D. A., & Nurrochmah, S. (2019). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Di Sekolah Menengah Pertama. Sport Science And Health, 1(2), 132–138. Http://Journal2.Um.Ac.Id/Index.Php/Jfik/Index
Sepriadi, Zalfendi, M. (2018). Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Unggul Dan Kelas Reguler Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kota Pariaman. Sportasaintika, 3(1), 400–408. Http://Sportasaintika.Ppj.Unp.Ac.Id/Index.Php/Sporta/Article/View/60
Syaiful Ahdan, Aditya Gunawan, A. S. (2021). Program Latihan Kebugaran Jasmani Dalam Menjaga Kesehatan Dimasa Pandemi Smk Kridawisata Bandar Lampung. Journal Of Technologyand Social For Community Service(JTSCS), 2(2), 102–107. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33365/Jsstcs.V2i2.1363
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.