MODEL SENAM PETANI BAGI SISWA SMA/SMK MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF

Authors

  • Muhammad Muslim Al Qusyaeri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aria Kusuma Yuda Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ruslan Abdul Gani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3146

Keywords:

Senam Ritmik, Senam Petani, Pengembangan, Multimedia Interaktif

Abstract

Riset ini dilatar belakangi oleh kondisi pelajaran PJOK di SMA atau SMK di Karawang yang kurang sesuai dengan situasi idealnya dari suatu kegiatan belajar mengajar. Minimnya guru yang memahami materi senam ritmik akhirnya tidak optimal dipelajari oleh peserta didik, hal ini disebabkan sulitnya model atau media yang memudahan guru memberikan bahan ajar senam ritmik pada peserta didik. Oleh karenanya dibutuhkan pengembangan model atau media agar memudahkan guru memberikan bahan ajar. Riset ini bertujuan untuk membuat model senam petani bagi siswa SMA/SMK melalui multimedia interaktif. Riset ini memakai bentuk pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh adelina hasyim. Selaku sumber data, dipilih peserta didik kelas XI SMK Laboratorium Indonesia berjumlah 20 anak serta SMAN 5 Karawang berjumlah 40 anak. Riset ini dilaksanakan pada bulan September 2021. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Riset ini memakai tujuh tahap yang sederhana yaitu: analisa kebutuhan, perancangan produk serta konsep, pengembangan produk awal, uji lapangan awal, revisi produk awal, uji lapangan utama serta revisi produk akhir. Hasil riset pada langkah validasi pakar media senam 1 serta 2 mendapatkan presentase 87% serta 90%, kemudian validasi dari pakar materi senam 1 serta 2 dengan presentase 91% serta 89%, hasil itu masuk dalam kriteria sangat baik. Hasil respon 2 guru PJOK dalam percobaan uji lapangan awal serta utama mendapat hasil presentase yang serupa yaitu 92%, hasil itu tercantum dalam kategori sangat baik. Dengan hasil tersebut, model senam petani bagi siswa SMA/SMK melalui multimedia interaktif diklaim valid suatu model atau media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, & Lia. (2016). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA/SMK Kelas XI. Mediatama.

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Kelimabela). PT Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas.

Eka, I. P. (2013). Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melaluui Pemanfaatan Multimedia Animasi. Jurnal TEKNOIF, 01(02), 1–6.

Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. In Media Akademia (Vol. 1). Media Akademi.

Ikhsan, I., Wiyanto, A., & Zhanisa, U. H. (2020). Penerapan Media Musik Irama Melayu Terhadap Minat Siswa Dalam Materi Senam Ritmik pada Pembelajaran Penjasorkes Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kedungwuni. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(2), 83–88. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i2.36949

Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Develompent/ R&D) (4 ed.). CV Alfabeta.

Utomo, S. T. (2009). PASTI (Preparedness Assement Tools for Indonesia). HFI dan MCMC.

Zuraida, M., Ifwandi, & Abdurrahman. (2016). Motivasi Instrinsik Masyarakat Dalam Mengikuti Ssenam Aerobik di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 2(June), 73–81. http://www.jim.unsyiah.ac.id/penjaskesrek/article/view/1847

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Al Qusyaeri, M. M., Yuda, A. K., Gani, R. A., & Resita, C. (2022). MODEL SENAM PETANI BAGI SISWA SMA/SMK MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(1), 49–62. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3146