ANALISIS PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS SECARA DARING PADA MASA PANDEMI DI SMPN 2 NGABANG TAHUN 2021

Authors

  • Maharani Fatima Gandasari STKIP Pamane Talino
  • Jipido Jipido STKIP Pamane Talino

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3244

Keywords:

Analisis, Pendidikan Jasmani, Pembelajaran Daring

Abstract

Dampak dari Pandemi memang cukup besar dalam bidang pendidikan. Munculnya pandemi ini berakibat pada munculnya kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran penjas di beberapa daerah bahwasanya pembelajaran penjas yang dilakukan secara daring atau jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran penjas secara online pada masa pandemi di SMPN 2 Ngabang tepatnya pada kelas IX. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologi, yang  mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran penjas daring, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMPN 2 Ngabang tepatnya pada kelas IX sudah terlaksana cukup baik, siswa dan guru telah memiliki fasilitas yang digunakan selama pembelajaran penjas secara daring, hal ini menjadi gambaran tentang kesiapan pelaksanaan pembelajaran penjas secara daring. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru telah dilaksanakan dengan baik diantaranya menggunakan media pembelajaran, pemilihan strategi, metode dan pendekatan  pembelajaran yang disesuaikan dengan siswa. Pembelajaran penjas secara daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan membuat guru lebih kreatif dalam mengajar penjas secara daring selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran penjas dan beberapa tugas gerak yang diberikan. Namun, Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring salah satunya yaitu kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran penjas adalah tantangan tersendiri dalam  penugasan dan pembelajaran penjas praktek secara daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herlina. (2020) ‘POTENSI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) DI TENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE ( COVID ) -19 DI SEKOLAH DASAR’, 0383.

Briliannur Dwi C, et al. (no date) ‘Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19’.

Juliya, M. and Herlambang, Y. T. (2021) ‘ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN’, XII(1), pp. 281–294.

Napsawati. (2020) ‘ANALISIS SITUASI PEMBELAJARAN IPA FISIKA DENGAN METODE DARING DI TENGAH WABAH COVID-19’, 3, pp. 6–12.

Lisman, F. et al. (2021) ‘KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING DARI PERSPEKTIF GURU DAN SISWA DI SMK NEGERI 2 PAYAKUMBUH ADVANTAGES AND CONDITIONS OF THE NETWORK LEARNING SYSTEM FROM’, 3(1), pp. 72–76.

Mauly, Y. K. et al. (2020) ‘METODE PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPIT AZ-ZAHRA SRAGEN TAHUN PEMBELAJARAN 2019 / 2020’.

Negeri, S. M. A., Merawan, D. and Medan, N. (2015) ‘= 6.596 > f’, 2(1).

Suhery. (2020) ‘Jurnal Inovasi Penelitian’, 1(3), pp. 1–4.

Pendididikan, J., Indonesia, E. and Nuriansyah, F. (2020) ‘EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI SAAT AWAL PANDEMI COVID-19’, 1(2), pp. 61–65.

Shobich. (2020) ‘ANALISIS KENDALA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA ERA DISRUPSI DI SMK TERPADU AL-ISLAHIYAH SINGOSARI MALANG Shobich Ulil Albab Mahasiswa Pascasarjana UIN Malang’, 2.

Yani Fitriyani. (2020) ‘Jurnal Kependidikan’:, 6(2), pp. 165–175.

Sadikin, A. et al. (2020) ‘Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic )’, 6(1), pp. 214–224.

Salsabila, U. H. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi’, 2(2).

Nurlaila. (2018) ‘URGENSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU’, (1), pp. 93–112.

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

Gandasari, M. F., & Jipido, J. (2022). ANALISIS PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS SECARA DARING PADA MASA PANDEMI DI SMPN 2 NGABANG TAHUN 2021. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 10(2), 237–262. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3244