PENGEMBANGAN KETERAMPILAN GERAK DASAR LOKOMOTOR BERBASIS SENAM RITMIK
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v10i2.3295Keywords:
Pengembangan Model, Keterapilan Gerak Dasar, Senam RitmikAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah model keterampilan gerak dasar lokomotor senam ritmik sesuai kondisi kebutuhan dilapangan pada situasi global yang mengalami percepatan pertumbuhan dan perkembangan. Jenis penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau disebut juga dengan Research and Development . Metode Penelitian dan Pengembangan merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menilai lokasi yang cocok untuk latihan ritmik pada produk tersebut. Penelitian pengembangan ini menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg dan Gall(1983:775) yang terdiri dari sepuluh langkah dalam penelitian, antara lain: (1) Pengumpulan informasi dan (2) Perencanaan (3) Pengembangan pendahuluan produk (4) Uji pendahuluan lapangan (5) Revisi produk utama (6) Uji lapangan utama . (7) Revisi produk operasional (8) Uji coba lapangan operasional (9) Produk akhir (10) Sosialisasi dan implementasi. Ada pun bentuk dan rancangan penelitian pengembangan ini menggunakan metode campuran penelitian yang menggambungkan kualitatif dan kuaitatif hal ini untuk memperoleh semua data atau informasi secara komprehensif. Sasaran atau yang menjadikan subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Program Studi Pendidikan Jasmani Semester 3 yang berstatus mahasiswa aktif.Teknik pengambilan subyek yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh/sensus, yang dikenal juga sebagai semua anggota populasi yang digunakan sebagai subjek penelitian, subyek yang dikumpulkan 16 orang (aktif sebagai mahasiswa) melalui uji kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil dalam penelitian perkembangan ini adalah menemukan sebuah model suatu proses keterampilan gerak dasar lokomotor senam ritmik yang dapat didisentalisasikan pada tingkat sekolah pendidikan dan tingkat perguruan tinggi yang mengandung lima unsur gerak yaitu statis dan dinamis, keluwesan (fleksibilitas), kesinambungan (kontinuitas), tepat waktu gerakan dengan irama, keselarasan antara hitungan (ketukan) dengan gerak. hasil yang dapat dibuktikan pada hasil perbedaan antara uji coba kelompok skala kecil dengan hasil uji coba kelompok skala besar dengan nilai sebesar 78 dengan ketuntasan yang di capai sebesar 15.6%.
Â
Kata Kunci: Pengembangan Model, Keterapilan Gerak Dasar, Senam RitmikDownloads
References
Agus Kristiyanto, Sapta Kunta, I. A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Motorik Berbasis Permainan Untuk Anak Sekolah Dasar Usia 9-10 Tahun. Journal of Teaching Physical Education In Elementary School, 1 (1), 94–110. http://ejournal.upi.edu/index.php/tegar.
Asmawi, M. (2006). Dimensi Pembelajaran Keterampilan Gerak Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Olahrag, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, 133.
Bahtiar Syahrial. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. UNP Pess.
Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran (PT. Dian Rakyat (ed.)).
Gallahue, David L., & Ozmun, John C. (1989). Understanding Motor Development Infants, Children, Adolescents, Adults. McGraw-Hill.
Irwansyah1, G. F. (2018). The Development Model of Learning Shot Put Oriented by Playing for Elementary School Students. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 7(2), 97–103. https://doi.org/10.15294/active.v7i2.23343
L.R. Gay, et. a. (2012). Educational Resech Qompetencias For Analysis Applications. Pearson.
Oxedine, J. B. (1984). Phychology Of Motor Learning. Prentice HallInc.
Saniatun Febriani, Mugiyo Hartono, R. B. A. . (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Bottle Shoot Pada Permainan Bola Besar Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sampang Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun 2016. Journal of Physical Education, Health and Sport 3, 3(1), 59–74. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpehs
Schmidt, R. A. (1991). Motor Learning and performance from Principle into Practice. Human Kinetics.
Singer, R. N. (1980). Motor learning and Human Performance : An Application to Motor Skills and Movement Behaviors. Macmillan Publishe.
Sugiyanto. (2014). Motor Learning. UNS Press.
Sujiono Bambang, dkk. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.
Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian. Rosdakarta.
Syarifudin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Gerak Dasar Anak. Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Tangkudung dan Wahyuningtyas. (2012). Kepelatihan Olahrag Pembinaan Prestasi Olahraga. Cerdas Jaya.
Walter R. Borg & Meredith D. Gall. (2013). Educational Research An Introduction (4th Editio). Longman.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.