MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS MATERI LOMPAT KANGKANG SENAM LANTAI BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 KOTA BEKASI

Authors

  • Nusyur Sacral Islamin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rolly Afrinaldi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3623

Keywords:

Motivasi Belajar, Senam Lantai, Siswa

Abstract

Nusyur Sacral Islamin, 1710631070139. Motivasi Belajar Siswa dalamPembelajaran Penjas Materi Lompat Kangkang Senam Lantai BerbasisOnline pada Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Kota Bekasi. Program StudiPendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang.Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya motivasi belajar siswa selamamasa pandemi covid-19 khususnya pembelajaran penjas materi lompat kangkangsenam lantai kelas 11 yang menyebabkan para siswa melaksanakan pembelajaransecara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasisiswa kelas 11 dalam melaksanakan pembelajaran penjas materi lompat kangkangsenam lantai berbasis online pada masa pandemi covid-19 di MAN 1 Kota Bekasi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakanmetode survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Populasi penelitian inisebanyak 360 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 90siswa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptifpersentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa dalampembelajaran penjas materi lompat kangkang senam lantai pada masa pandemicovid-19 di MAN 1 Kota Bekasi berada pada kategori “cukup†dengan jumlahsiswa 35 siswa dan persentase sebesar 38,89%, yang berarti motivasi belajar penjasmateri lompat kangkang senam lantai berbasis online para siswa kelas 11 MAN 1Kota Bekasi itu cukup baik, yang mana tidak rendah dan juga tidak tinggi.Kata kunci: Motivasi Belajar, Senam Lantai, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaludin, Apip. (2013). Survei Motivasi Belajar Siswa dalam Mengikuti Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Permainan Kecil di SMPLB Manunggal Slawi Kab.Tegal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi, (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azhuri, I. P., Purbangkara, T., Nasution, N. S. (2021). Survei Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa Sekolah Luar Biasa di Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2 (2), April 2021, 96-103. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Cahyani, A., Listiana, I. D., Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, Volume 3 No. 01 2020, p. 123-140. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Paturusi, Ahmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, Rizkita Eka. (2018). Motivasi Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas dalam Mengikuti Pembelajaran Senam Lantai di SD Negeri 2 Sanden Bantul Tahun. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Soyomukti, N. (2015) Teori-teori Pendidikan: Tradisional, (Neo)liberal, Marxissosialis, Postmodern. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Islamin, N. S., Nasution, N. S., & Afrinaldi, R. (2022). MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS MATERI LOMPAT KANGKANG SENAM LANTAI BERBASIS ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MAN 1 KOTA BEKASI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(1), 94–103. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3623