PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMASALAHAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG DITINJAU DARI TINGKATAN PERCAYA DIRI

Authors

  • Rusdi Rusdi IKIP PGRI Pontianak
  • Whalsen Duli Agus Lauh IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.3627

Keywords:

SPBM, Inquiri, Tingkat Percaya Diri

Abstract

Tujuan dalam riset ini ialah mengetahui: 1) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri( SPI) serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas olahraga IKIP PGRI Pontianak, 2) Interaksi antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas olahraga IKIP PGRI Pontianak, 3) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk siswa yang mempunyai yakin diri besar terhadap keahlian renang pada mahasiswa di fakultas berolahraga IKIP PGRI Pontianak, serta 4) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri( SPI) serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan( SPBM) untuk siswa yang mempunyai yakin diri rendah terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas berolahraga IKIP PGRI Pontianak. Metode riset yang digunakan merupakan Eksperimen dengan Vaktorial 2 x 2.

Hasil yang bisa disimpulkan dari riset ini ialah, 1.) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi pendidikan inkuiri( SPI) dengan strategi pendidikan berbasis permasalahan terhadap kemampuan renang. Data menunjukkan kalau kemampuan renang memakai strategi pendidikan inkuiri (= 65, 54 serta = s = 5, 975) lebih baik dari pada kemampuan renang memakai strategi pendidikan berbasis permasalahan (= 62, 81 serta s = 3, 858). 2.) Ada interaksi antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig pada interaksi antara strategi pendidikan serta yakin diri ialah 0, 000( 0, 000< 0, 05). 3.) Ada perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk mahasiswa yang mempunyai yakin diri tinggi terhadap kemampuan renang, teruji kalau kemampuan renang untuk kelompok percaya diri tinggi dengan mempraktikkan strategi pendidikan inkuiri (= 71, 15 serta s= 1, 463) lebih besar daripada strategi pendidikan berbasis permasalahan (= 66, 31 serta s= 1, 437). 4.) Tidak ada perbedaan signifikan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk mahasiswa yang mempunyai percaya diri rendah terhadap kemampuan renang.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, Khoirul (2017).Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Metode Dan Aplikasi Yogyakarta : Pustaka Pelajar

A Ihsan, S Sudirman, Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepak bola siswa kelas X tkj 1 smk negeri 2 makasar, repository universitas negeri makasar.

Aswar, A (2018) upaya meningkatkan hasil belajar mengiring bola pada permainan sepakbola melalui model pembelajaran inkuiri siswa kota makasar.Sportive:journal of physical education, sport and recreation,1(2),36-50.https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5635.

Eggen Paul, kauchack Don, 2012 Strategi Dan Model Pembelajaran.Jakarta Barat:Permata Putri Media.

Gita Febria F, Implementasi Pembelajaran Penjas Berbasis Masalah Gerak Pada Siswa Tuna Rungu,Jurnal Pendidikan Unsika, Vol 3 Nomor 1, Maret 2015.ISSN.2338-2996.

Juliantine, Tite (2009)Implementasi Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Jasmaniâ€.Makalah Pada Seminar Nasional 2 UPI, Bandung.

Juliantine, Fitriane Arifin, The Effect Of Learning Model And Intellegence Quotient On Critical Thingking And Handball Games Performance, Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, JPJO 4(1)2019 37-42. http ://ejournal.upi edu/index.php/penjas /index

Prasojo. W.A., Murdian,D.,Haris, I N. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK N 2 Subang.Biormatika:Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4 (02),81-88.retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/290

R Dewi, R Gustiawati, R Afrinaldi, Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmanai Di Sma Negeri 4 Karawang, Journal Coaching Education Sports, Vol.1.No 2 Nov 2020,pp 83-92.E-ISSN:2722-3450.

Tono Sugihartono, Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes, Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan Vol 8,No 1(2019) Doi: Https://Doi.Org/10.36706/Altius.V8i1.8274.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rusdi, R., & Lauh, W. D. A. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMASALAHAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG DITINJAU DARI TINGKATAN PERCAYA DIRI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(2), 198–213. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.3627