PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PERMASALAHAN TERHADAP KEMAMPUAN RENANG DITINJAU DARI TINGKATAN PERCAYA DIRI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.3627Keywords:
SPBM, Inquiri, Tingkat Percaya DiriAbstract
Tujuan dalam riset ini ialah mengetahui: 1) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri( SPI) serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas olahraga IKIP PGRI Pontianak, 2) Interaksi antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas olahraga IKIP PGRI Pontianak, 3) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk siswa yang mempunyai yakin diri besar terhadap keahlian renang pada mahasiswa di fakultas berolahraga IKIP PGRI Pontianak, serta 4) Perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri( SPI) serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan( SPBM) untuk siswa yang mempunyai yakin diri rendah terhadap kemampuan renang pada mahasiswa di fakultas berolahraga IKIP PGRI Pontianak. Metode riset yang digunakan merupakan Eksperimen dengan Vaktorial 2 x 2.
Hasil yang bisa disimpulkan dari riset ini ialah, 1.) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara strategi pendidikan inkuiri( SPI) dengan strategi pendidikan berbasis permasalahan terhadap kemampuan renang. Data menunjukkan kalau kemampuan renang memakai strategi pendidikan inkuiri (= 65, 54 serta = s = 5, 975) lebih baik dari pada kemampuan renang memakai strategi pendidikan berbasis permasalahan (= 62, 81 serta s = 3, 858). 2.) Ada interaksi antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan terhadap kemampuan renang dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig pada interaksi antara strategi pendidikan serta yakin diri ialah 0, 000( 0, 000< 0, 05). 3.) Ada perbandingan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk mahasiswa yang mempunyai yakin diri tinggi terhadap kemampuan renang, teruji kalau kemampuan renang untuk kelompok percaya diri tinggi dengan mempraktikkan strategi pendidikan inkuiri (= 71, 15 serta s= 1, 463) lebih besar daripada strategi pendidikan berbasis permasalahan (= 66, 31 serta s= 1, 437). 4.) Tidak ada perbedaan signifikan antara Strategi Pendidikan Inkuiri serta Strategi Pendidikan Berbasis Permasalahan untuk mahasiswa yang mempunyai percaya diri rendah terhadap kemampuan renang.
Â
Downloads
References
Anam, Khoirul (2017).Pembelajaran Berbasis Inkuiri : Metode Dan Aplikasi Yogyakarta : Pustaka Pelajar
A Ihsan, S Sudirman, Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepak bola siswa kelas X tkj 1 smk negeri 2 makasar, repository universitas negeri makasar.
Aswar, A (2018) upaya meningkatkan hasil belajar mengiring bola pada permainan sepakbola melalui model pembelajaran inkuiri siswa kota makasar.Sportive:journal of physical education, sport and recreation,1(2),36-50.https://doi.org/10.26858/sportive.v1i2.5635.
Eggen Paul, kauchack Don, 2012 Strategi Dan Model Pembelajaran.Jakarta Barat:Permata Putri Media.
Gita Febria F, Implementasi Pembelajaran Penjas Berbasis Masalah Gerak Pada Siswa Tuna Rungu,Jurnal Pendidikan Unsika, Vol 3 Nomor 1, Maret 2015.ISSN.2338-2996.
Juliantine, Tite (2009)Implementasi Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Jasmaniâ€.Makalah Pada Seminar Nasional 2 UPI, Bandung.
Juliantine, Fitriane Arifin, The Effect Of Learning Model And Intellegence Quotient On Critical Thingking And Handball Games Performance, Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, JPJO 4(1)2019 37-42. http ://ejournal.upi edu/index.php/penjas /index
Prasojo. W.A., Murdian,D.,Haris, I N. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas XI Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMK N 2 Subang.Biormatika:Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4 (02),81-88.retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/290
R Dewi, R Gustiawati, R Afrinaldi, Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmanai Di Sma Negeri 4 Karawang, Journal Coaching Education Sports, Vol.1.No 2 Nov 2020,pp 83-92.E-ISSN:2722-3450.
Tono Sugihartono, Model Problem Based Learning Meningkatkan Keterampilan Senam Irama Pada Pembelajaran Penjasorkes, Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan Vol 8,No 1(2019) Doi: Https://Doi.Org/10.36706/Altius.V8i1.8274.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.