SURVEI TINGKAT KREATIVITAS DAN INOVASI GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN SUKATANI

Authors

  • Lung Ayu Puspo Negoro Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rolly Afrinaldi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ardawi Sumarno Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3665

Keywords:

Covid-19, Pendidikan Jasmani, Kreativitas, Inovasi

Abstract

Dalam penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui tingkat kreativitas dan inovasi guru penjasorkes pada masa pandemi covid-19 di SMP Negeri di Kabupaten Sukatani. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala kurikulum, guru penjasorkes dan 4 siswa kelas 9 F SMPN 2 Sukatani. Dengan penggunaan metode kualitatif kemudian wawancara serta dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dan teknik analisis deskriptif kualitatif dalam penelitian ini diharapkan memberikan hasil yang maksimal. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat guru penjasorkes di SMPN 2 Sukatani kurang kreatif dan inovatif karena banyaknya kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran penjasorkes dengan berani, kendala karena siswa tidak memiliki handphone dan akses internet yang buruk. Proses pembelajaran penjas yang seharusnya melakukan kegiatan di lapangan, dengan kondisi pandemi seperti ini tidak dilakukan aktivitas fisik sehingga siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui Google Classroom. Beberapa saran terkait penelitian ini antara lain: 1) Bagi sekolah, menyediakan platform pembelajaran seperti Zoom Meetings untuk pembelajaran pendidikan jasmani dan meningkatkan sarana dan prasarana bagi guru dan siswa. 2) Bagi guru sebaiknya meningkatkan kreativitas, atau menggunakan sumber ajar yang berani dan menyenagkan sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam proses pembelajaran, guru menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya atau mengoptimalkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dyah Purnama Sari, PanggungSutapa. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).†Pediatric Critical Care Medicine Publish Ah: 19–29.

Gustiawati, Resty, Fahrudin Fahrudin, Febi Kurniawan, dan Eka Purnama Indah. 2019. “Pengembangan Pendekatan Evaluasi the Most Significant Change Technique Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.†Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 18(2): 125–29.

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, dan Mila Karmila. 2020. “Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.â€

Sidik, Fajar. 2015. “Menggali Potensi Lokal Mewujudkan Kemandirian Desa.†JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik) 19(2): 115.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

â€Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)â€

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Puspo Negoro, L. A., Afrinaldi, R., & Sumarno, A. (2022). SURVEI TINGKAT KREATIVITAS DAN INOVASI GURU PENDIDIKAN JASMANI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SE-KECAMATAN SUKATANI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(1), 111–122. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3665