PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP SPORTIVITAS SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Authors

  • Akhmad Sobarna Program Studi Penjaskesrek STKIP Pasundan Jalan Permana 32C Citeureup, Cimahi, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v5i2.377

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; dan (3) Untuk mengetahui manakah yang paling berpengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMK Bhakti Kencana Cimahi sebanyak 234 orang, sampelnya adalah 43 orang. Instrumen penelitian yaitu angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; (2) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani; dan (3) Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament paling berpengaruh terhadap sikap sportivitas siswa dalam Pendidikan Jasmani dibanding dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata Kunci: Teams Games Tournament, sikap sportivitas, Pendidikan Jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-03-18

How to Cite

Sobarna, A. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP SIKAP SPORTIVITAS SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 82–93. https://doi.org/10.31571/jpo.v5i2.377