IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN BULUTANGKIS
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3933Keywords:
cooperative learning, social interactions, badmintonAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan tentang model pembelajaran yang dapat meningkatkan interaksi sosial yaitu aspek afektif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif pembelajaran interaksi sosial (asosiatif dan disosiatif) siswa SMP dengan menggunakan instrumen interaksi sosial skala likert (kuesioner) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta diperkuat dengan lembar observasi. Populasinya adalah sepuluh siswa kelas VII SMPN 1 Lembang yang berjumlah 365 siswa dan sampel yang digunakan adalah random sampling, data yang diambil adalah satu kelas VII C yang berjumlah 37 siswa. Data penelitian yang diperoleh pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji-t dan deskriptif persentase dengan nilai kriteria keputusan (0,05). Jadi jika t hitung < t tabel (= 0,05) maka H0 ditolak artinya variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dan jika thitung > t tabel ( = 0,05) maka H0 diterima/H1 ditolak artinya variabel X tidak memberikan pengaruh terhadap variabel Y. Sehingga kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan interaksi sosial secara signifikan melalui pembelajaran bulutangkis.
Downloads
References
Suherman, S. (2000). Dasar-dasar Penjas. Bandung : Depdikbud.
Wahyudi, W dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw untuk Meningkatkan Kerjasama dan Keterampilan Bermain. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, Vol. 1(2), 1-9.
Hidayat, Y dkk. (2017). Pembelajaran Permainan Bulutangkis. Bandung : Mandiri Center Press.
Juang, B. R. (2015). Analisis Kelebihan dan Kelemahan Keterampila Teknik Bermain Bulutangkis Pada Pemain Tunggal Putra Terbaik Indonesia Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Olahraga, Vol. 3, No. 1, 109-117.
Mahendra, A (2015). Filsafat Pendidikan Jasmani. Bandung : FPOK UPI.
Barker, D dkk. (2015). Learning Through Group Work in Physical Education : A Simbolic Interactionist Approach. Journal Sport, Education And Society, Vol. 20.
Metzler, M. (2000). Instructional Model for Physical Education. Boston : Allyn & Bacon.
Chiu, Y.C dkk. (2014). Orientating cooperative learning model on social responsibility in physical education. International Journal of Research Studies in Education, Vol. 3 No. 4, 3-13.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : ALFABETA.
Darajat, J & Abduljabar, B. (2014). Aplikasi Statistika Dalam Penjas. Bandung : CV. Bintang Warliartika.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.