SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAMIC CENTRE KARAWACI TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.3977Keywords:
Survei Minat, Ekstrakurikuler OlahragaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya kegiatan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Menengah Pertama Islamic Centre Karawaci Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas 8 dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Populasi penelitian ini sebanyak 120 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang berada pada kategori “sedang†dengan jumlah siswa 24 siswa dan persentase sebesar 44%, yang berarti minat siswa kelas 8 dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang itu sedang, yaitu tidak rendah dan juga tidak tinggi.
Downloads
References
Arsil (2009), Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Semarang: Wineka Media.
Atkinson,R.L. 1993. Pengantar Psikologi. Alih Bahasa: Nurdjanah Tautiq. Jakarta: Erlangga
Budiyanto (2010), “Kemampuan dasar sepakbola yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidulâ€. Skripsi FIK UNY.
Crow L & A.Crow. 1988. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu
Danny Mielke (2007), “Dasar-dasar Sepakbolaâ€. Bandung: Pakar Raya.
Depdikbud (1983), “Sepakbolaâ€. Jakarta : Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Didit Hermansyah (2016) yang berjudul “Tingkat keterampilan dribbling siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 1 Wonosari tahun ajaran 2015/2016â€. Skripsi FIK UNY.
Efendi, R. (2016), Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 91–106.
Eri Setyono (2009),†Perbedaan Tingkat Kecepatan Dribbling Pemain Depan dan Belakang dalam Permainan Sepakbola di Klub Sepakbola seKecamatan Limpung Kabupaten Batangâ€. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
Hamidsyah N., (2013), Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta : FKIP UNS.
Hendrayana, Y., (2003), Pembelajaran Permainan Dasar. Depdiknas dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung.
Hurlock Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Kamiso, A., (2001), Ilmu Kepelatihan Dasar. FPOK IKIP Semarang. Semarang.
Komarudin (2005), “Dasar Gerak Sepakbolaâ€. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Muhajir. (2004). “Pendidikan Jasmani dan Praktikâ€. Jakarta: Erlangga.
Iii & Penelitian, (2006), Iii, B. A. B., & Penelitian, A. D. (2006). METODE PENELITIAN. 38–52.
Lutan, R., (2005), Belajar Keterampilan Motorik , Pengantar Teori Dan Metode. Depdikbud. Jakarta.
Mahendra, A., (2003), Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Depdiknas. Jakarta.
Maksum, A., (2012), Metodologi Penelitian. Surabaya: UNESA University Press
Mielke, D., (2007), Dasar-dasar Sepakbola. Pakar Raya. Bandung.
Muhajir (2004), Pendidikan Jasmani Teori dan Kesehatan. Angkasa. Bandung.
Muhammad Afdal (2019), “Upaya tingkat kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola menggunakan gaya mengajar divergent di SMP Negeri 1 Balusuâ€. Skripsi FIK UNM.
Robert Koger (2007), â€Latihan Dasar Andal Sepakbola Remajaâ€. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Sajoto, M., (2001), Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Depdikbud. Jakarta.
Satriya, dkk., (2010), Metodologi Kepelatihan Olahraga. FPOK UPI Bandung. Bandung.
Sugiyono, dkk. 2003.Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Usia Dini. Jakarta:Depdiknas
Sugiyono (2006), “Statistika Untuk Penelitianâ€. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Suharsimi Arikunto (2006), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikâ€. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman (2000), Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suparno (2008), “Penjasorkes 1 SMA/MAâ€. Jakarta: Bumi Aksara.
Tri Wahyudi. 2006. Minat dan Motivasi siswa kelas 1 SMA Muhammadiyah2 Cepu Kabupaten Blora Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Bolavoli Tahun 2006 (Skripsi). Semarang : PJKR. FIK. UNNES.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yudha M. Saputra., (1999), â€Pengembangan Kegiatan Ko dan Ekstrakurikulerâ€. Jakarta: Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.