SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAMIC CENTRE KARAWACI TANGERANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya kegiatan ekstrakurikuler olahraga di Sekolah Menengah Pertama Islamic Centre Karawaci Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat siswa kelas 8 dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dengan instrumen penelitian berupa angket. Populasi penelitian ini sebanyak 120 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang berada pada kategori “sedang” dengan jumlah siswa 24 siswa dan persentase sebesar 44%, yang berarti minat siswa kelas 8 dalam mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMP Islamic Centre Karawaci Tangerang itu sedang, yaitu tidak rendah dan juga tidak tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsil (2009), Evaluasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Semarang: Wineka Media.
Atkinson,R.L. 1993. Pengantar Psikologi. Alih Bahasa: Nurdjanah Tautiq. Jakarta: Erlangga
Budiyanto (2010), “Kemampuan dasar sepakbola yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMK Negeri 2 Wonosari Gunungkidul”. Skripsi FIK UNY.
Crow L & A.Crow. 1988. Psikologi Pendidikan. Surabaya: Bina Ilmu
Danny Mielke (2007), “Dasar-dasar Sepakbola”. Bandung: Pakar Raya.
Depdikbud (1983), “Sepakbola”. Jakarta : Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Didit Hermansyah (2016) yang berjudul “Tingkat keterampilan dribbling siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 1 Wonosari tahun ajaran 2015/2016”. Skripsi FIK UNY.
Efendi, R. (2016), Pengaruh Metode Latihan Practice Session, Test Session Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menendang Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 91–106.
Eri Setyono (2009),” Perbedaan Tingkat Kecepatan Dribbling Pemain Depan dan Belakang dalam Permainan Sepakbola di Klub Sepakbola seKecamatan Limpung Kabupaten Batang”. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.
Hamidsyah N., (2013), Ilmu Kepelatihan Dasar. Surakarta : FKIP UNS.
Hendrayana, Y., (2003), Pembelajaran Permainan Dasar. Depdiknas dan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung.
Hurlock Elizabeth. 2002. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga
Kamiso, A., (2001), Ilmu Kepelatihan Dasar. FPOK IKIP Semarang. Semarang.
Komarudin (2005), “Dasar Gerak Sepakbola”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Muhajir. (2004). “Pendidikan Jasmani dan Praktik”. Jakarta: Erlangga.
Iii & Penelitian, (2006), Iii, B. A. B., & Penelitian, A. D. (2006). METODE PENELITIAN. 38–52.
Lutan, R., (2005), Belajar Keterampilan Motorik , Pengantar Teori Dan Metode. Depdikbud. Jakarta.
Mahendra, A., (2003), Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Depdiknas. Jakarta.
Maksum, A., (2012), Metodologi Penelitian. Surabaya: UNESA University Press
Mielke, D., (2007), Dasar-dasar Sepakbola. Pakar Raya. Bandung.
Muhajir (2004), Pendidikan Jasmani Teori dan Kesehatan. Angkasa. Bandung.
Muhammad Afdal (2019), “Upaya tingkat kemampuan dribbling dalam permainan sepakbola menggunakan gaya mengajar divergent di SMP Negeri 1 Balusu”. Skripsi FIK UNM.
Robert Koger (2007), ”Latihan Dasar Andal Sepakbola Remaja”. Klaten: Saka Mitra Kompetensi.
Sajoto, M., (2001), Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Depdikbud. Jakarta.
Satriya, dkk., (2010), Metodologi Kepelatihan Olahraga. FPOK UPI Bandung. Bandung.
Sugiyono, dkk. 2003.Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Usia Dini. Jakarta:Depdiknas
Sugiyono (2006), “Statistika Untuk Penelitian”. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2013), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.
Suharsimi Arikunto (2006), “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suherman (2000), Dasar-Dasar Penjaskes. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suparno (2008), “Penjasorkes 1 SMA/MA”. Jakarta: Bumi Aksara.
Tri Wahyudi. 2006. Minat dan Motivasi siswa kelas 1 SMA Muhammadiyah2 Cepu Kabupaten Blora Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Bolavoli Tahun 2006 (Skripsi). Semarang : PJKR. FIK. UNNES.
Undang-Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yudha M. Saputra., (1999), ”Pengembangan Kegiatan Ko dan Ekstrakurikuler”. Jakarta: Depdikbud.
DOI: https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.3977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rasyadan Zul Qisthi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Olah Raga
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: olahraga.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2089-2829 | e-ISSN: 2407-1528