PENGARUH STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA

Authors

  • Eva Sri Gumilang UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Dian Budiana UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Oom Rohmah UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4322

Keywords:

Self Confidence, Self-Regulated Learning (SRL), Blended Learning

Abstract

Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam mengembangkan keterampilan dan kualitas manusia. Mahasiswa dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam pembelajaran dan sudah seharusnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk mencapai pembelajaran yang optimal sesuai dengan tujuan. Maka perlunya kajian strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi self regulated learning berbasis blended learning terhadap kepercayaan diri dalam pembelajaran permainan tenis meja. Metode yang digunakan quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2017. Sampel yang digunakan adalah 26 mahasiswa yang mengontrak perkuliahan pembelajaran permainan tenis meja. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,021 kurang dari taraf signifikansi α sebesar 0,05. Disimpulkan bahwa strategi self-regulated learning berbasis blended learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam pembelajaran permainan tenis meja 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eva Sri Gumilang, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Pendidikan Olahraga / Pendidikan Jasmani / Sport Education / Sekolah Pascasarjana

Dian Budiana, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Pendidikan Olahraga / Pendidikan Jasmani / Sport Education / Sekolah Pascasarjana

References

Afiatin, Tina, & Martaniah. (1998). Peningkatan kepercayaan diri remaja melalui konseling kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 3(6), 66–79. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/8466/7192

Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2007). Self-Regulation , Ego Depletion , and Motivation. 1, 1–14.

Cassidy, S. (2011). Studies in Higher Education Self-regulated learning in higher education : identifying key component processes. (May 2014), 37–41. https://doi.org/10.1080/03075079.2010.503269

Chaeruman, U. A., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2018). Determining the Appropriate Blend of Blended Learning : A Formative Research in the Context of Spada-Indonesia. American Journal of Educational Research, 6(3), 188–195. https://doi.org/10.12691/education-6-3-5

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(4 (1)), 1–5.

Margono, G. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukur Rasa Percaya Diri Mahasiswa terhadap Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–18. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/81/1416

Nasrullah, A., Marlina, M., & Tabrani, M. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran College Student Worksheet Berbasis E-Leaning Melalui EDMODO. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| SENASSET, (November), 242–246. Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/download/455/499

Pintrich, P. R. (2004). A Conceptual Framework for Assessing Motivation and Self-Regulated Learning in College Students. Educational Psychology Review, 16(4), 385–407.

Putri, N. D. A. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Diss. University of Muhammadiyah Malang, (Thesis), 21–32. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/34415/1/jiptummpp-gdl-ninodwiari-45636-1-skripsi-o.pdf

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Artikel, I. (2016). DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BLENDED. 5(1), 17–23.

Shen, P.-D., Lee, T.-H., & Tsai, C.-W. (2011). Applying Blended Learning with Web-Mediated Self-Regulated Learning to Enhance Vocational Students’ Computing Skills and Attention to Learn. Interactive Learning Environments, 19(2), 193–209. https://doi.org/10.1080/10494820902808958

Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview. 41(2), 64–70.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Gumilang, E. S., Budiana, D., & Rohmah, O. (2022). PENGARUH STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(2), 225–234. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4322