PENGARUH STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TENIS MEJA
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4322Keywords:
Self Confidence, Self-Regulated Learning (SRL), Blended LearningAbstract
Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam mengembangkan keterampilan dan kualitas manusia. Mahasiswa dihadapkan dengan berbagai permasalahan dalam pembelajaran dan sudah seharusnya memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk mencapai pembelajaran yang optimal sesuai dengan tujuan. Maka perlunya kajian strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi self regulated learning berbasis blended learning terhadap kepercayaan diri dalam pembelajaran permainan tenis meja. Metode yang digunakan quasi eksperimental design dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa program studi Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia angkatan 2017. Sampel yang digunakan adalah 26 mahasiswa yang mengontrak perkuliahan pembelajaran permainan tenis meja. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner kepercayaan diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,021 kurang dari taraf signifikansi α sebesar 0,05. Disimpulkan bahwa strategi self-regulated learning berbasis blended learning memiliki pengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam pembelajaran permainan tenis mejaÂ
Downloads
References
Afiatin, Tina, & Martaniah. (1998). Peningkatan kepercayaan diri remaja melalui konseling kelompok. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 3(6), 66–79. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/8466/7192
Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2007). Self-Regulation , Ego Depletion , and Motivation. 1, 1–14.
Cassidy, S. (2011). Studies in Higher Education Self-regulated learning in higher education : identifying key component processes. (May 2014), 37–41. https://doi.org/10.1080/03075079.2010.503269
Chaeruman, U. A., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2018). Determining the Appropriate Blend of Blended Learning : A Formative Research in the Context of Spada-Indonesia. American Journal of Educational Research, 6(3), 188–195. https://doi.org/10.12691/education-6-3-5
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(4 (1)), 1–5.
Margono, G. (2016). Pengembangan Instrumen Pengukur Rasa Percaya Diri Mahasiswa terhadap Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1–18. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/download/81/1416
Nasrullah, A., Marlina, M., & Tabrani, M. B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran College Student Worksheet Berbasis E-Leaning Melalui EDMODO. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan| SENASSET, (November), 242–246. Retrieved from https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/senasset/article/download/455/499
Pintrich, P. R. (2004). A Conceptual Framework for Assessing Motivation and Self-Regulated Learning in College Students. Educational Psychology Review, 16(4), 385–407.
Putri, N. D. A. (2016). Pengaruh kepercayaan diri terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Diss. University of Muhammadiyah Malang, (Thesis), 21–32. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/34415/1/jiptummpp-gdl-ninodwiari-45636-1-skripsi-o.pdf
Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Artikel, I. (2016). DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI BLENDED. 5(1), 17–23.
Shen, P.-D., Lee, T.-H., & Tsai, C.-W. (2011). Applying Blended Learning with Web-Mediated Self-Regulated Learning to Enhance Vocational Students’ Computing Skills and Attention to Learn. Interactive Learning Environments, 19(2), 193–209. https://doi.org/10.1080/10494820902808958
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner : An Overview. 41(2), 64–70.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.