PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK PADA MATERI TEKNIK DASAR SERVICE BACKHAND PERMAINAN TENIS MEJA BAGI MAHASISWA PJKR STKIP CITRA BAKTI
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4502Keywords:
Development, Electronic, Flipbook, Table TennisAbstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar Elektronik Flipbook pada materi teknik dasar permainan tenis meja bagi mahasiswa PJKR STKIP Citra Bakti serta mengetahui evektifitas penggunaan bahan ajar elektronik terhadap ketercapaian hasil belajar mahasiswa pada mata kulia tenis meja, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yaitu mendefenisikan, merancang, mengembangkan dan menyebarluaskan. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR STKIP Citra Bakti, sedangkan isntrumen yang digunakan adalah lembar validasi lembar kerja, lembar penilaian tanggapan mahasiswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan (1) media pembelajaran pengembangan media pembelajaran flipbook pada materi service backhand tenis meja mahasiswa PJKR STKIP Citra Bakti Ngada mendapatkan penilaian uji validasi ahli adalah sebesar 85,75%. (2) hasil pada validasi pengguna adalah nilai 81,95. (3) serta Keefektifan media pembelajaran flipbook pada materi service backhand tenis meja mahasiswa PJKR Citra Bakti nilai yang diberikan adalah 79,50. Keimpulan dari penelitian ini adalah media flipbook pembelajaran pada materi service backhand tenis meja layak untuk dijadikan sebagai materi pembelajaran tenis meja pada mahasiswa PJKR STKIP Citra Bakti.Â
Downloads
References
Akbar, S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PTREMAJA ROSDAKARYA.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan dan praktik. Jakarta: Rineka
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Doering, T., Pereira, l., & Kuechler, l. (2012). The use of e-textbooks in higher education: a case study. E-leader, june 4-6, 2012.
Firmansah Guntur dan Hariyanto didik, (2019). Sejarah, Teknik, & Variasi Latihan Ping Pong. IKIP Budi Utomo: Malang
Kusumam, A., Mukhidin, & Hasan, B. (2016). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik untuk sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(23), 28–39
Margajaya, Rahmat. (2008) Tenis Meja, Jakarta. Geneca Exact
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar. Jogjakarta: Diva Press.
Ramayana. (2014). Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Flipbook (Kvisoft Flipbook Maker Pro) Sub Materi Atmosfer. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Ramdania. (2013). Pengembangan Media Flipbook dalam Pembelajaran Teknologi dan Informasi dan komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Artikel ilmiah Tugas Akhir. Bandung. UPI.
Retnawati, H. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta : UNY Press.
Sivasailam, T., Semmel, D. S., & Sommel, M. i. (1974). Instructional decelopment for training teachers of exception children. In a sourcebook ERIC.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilo, F. A. (2013). Peningkatan efektivitas pada proses pembelajaran. Mathedunesa, 2(1).
Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x SMA Negegi Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83–92.
Wani Bernabas. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Arias
Materi Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Bagi Siswa
Sekolah Menengah Pertama. STKIP Citra Bakti. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. p-ISSN 2355-5106 || e-ISSN 2620-6641
Wani Bernabas. (2022). Pengembangan Media Latihan Return Board Berbasis Budaya Lokal Pada Materi Forehand Tenis Meja Khusus Pemula. IKIP PGRI Pontianak, Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol 10, No. 2 Januari 2022, hal 201-224, e-ISSN: 2407-1528
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zulkifli, & Royes, N. (2017). Profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa arab di MIN 1 Palembang. JIP:Jurnal Ilmiah Pgmi, 3(2), 120–133
Zuriah, N., Sunaryo, H., & Yusuf, N. (2016). IBM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13, 39–49.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.