PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA REMAJA DAERAH PESISIR PANTAI DESA PAGATAN BESAR KECAMATAN TAKISUNG TANAH LAUT

Authors

  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Sofyan Sofyan Universitas Lambung Mangkurat
  • M Yani ULN
  • Muhammad Surya ULM

DOI:

https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4579

Abstract

Permasalahn mitra yang menjadi permasalahan adalah tentang kondisi kebugaraan yang masih rendah, serta minimnya pengetahuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani, solusinya yang dilakukan yaitu memberikan bentuk latihan fisik dengan menggunakan permainan tradisional yang menarik. Metode yang akan digunakan dalam program ini adalah metode ekperiment dengan memberikan latihan kebugaran jasmani dengan permainan tradisional. Populasi pada kegiatan ini berjumlah 20 orang. Hasil kegiatan ini yaitu ada peningkatankebugaran jasmani remaja Desa Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut dengan menggunakan permainan tradisional. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Truna. (2010). Penyebab Malas Olahraga. Diakses dari: http://

adecheeruna.wordpress.com/kesehatan/penyebab-malas-olahraga/, tanggal 20 Mei 2013.

Direktorat Keolahragaan. (1987). Buku Petunjuk Penggerak Olahraga Tingkat Desa: Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat. Jakarta Depdikbud.

Farhan. (2011). Olahraga Berperan Tingkatkan Kualitas SDM. Diakses dari: http://www.garutkab.go.id/pub/news/plain/6305-olahraga-berperan-tingkatkan- kualitas-sdm/, tanggal 7 Mei 2013.

Kusnan. (2013). Olahraga dalam Membangun Kualitas Sumber Daya yang Sehat dan Bugar. Diakses dari: http://www.stkippgrismp.ac.id/olah-raga-dalam-membangun- kualitas-sumber-daya-yang-sehat-ketahanan-tubuh-terhadap-penyakit-dan-bugar/, tanggal 7 Mei 2013.

Thai Health Promotion Foundation. Physical Activity and Sport for Health. Diakses dari:

http://en.thaihealth.or.th/plans/exercise.

VicHealth. (2010). Participation in Physical Activity. Australia: Victorian Health

Promotion Foundation.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Nurdiansyah, N., Sofyan, S., Yani, M., & Surya, M. (2022). PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA REMAJA DAERAH PESISIR PANTAI DESA PAGATAN BESAR KECAMATAN TAKISUNG TANAH LAUT. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 11(2), 293–299. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i2.4579