PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RENANG MELALUI MEDIA APLIKASI ADOBE FLASH CS6
DOI:
https://doi.org/10.31571/jpo.v12i1.5243Keywords:
Kata Kunci, Model Pembelajaran, RenangAbstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa model alat peraga renang berbasis Flash CS 6 yang akan memudahkan siswa dalam memahami materi renang dan guru dalam mengajarkan materi renang khususnya gaya kupu-kupu dan gaya punggung. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini analisis kebutuhan lapangan, perakitan atau pembuatan produk, validasi oleh ahli media dan bahan, percobaan skala kecil, validasi tahap kedua, percobaan skala besar, produk akhir. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Az-Zahrah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk ahli dan subjek. Teknik analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif persentase. Hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk model pembelajaran renang untuk guru. Ahli materi menyebut produk ini dalam kategori baik dengan pangsa 84,6%. Ahli aplikasi menyatakan bahwa produk ini termasuk dalam kategori baik dengan persentase 90,62, meskipun pada penilaian kelompok 87,5 pada penilaian kelompok lapangan 90,90%, dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model aplikasi ini dapat digunakan untuk menjadi referensi guru dalam pembelajaran materi renang dan hasil penelitian ini adalah penerapan materi renang kelas XI untuk siswa SMA.
Downloads
References
Albab, A. U., Rahayu, T., & Sugiharto, S. (2016). Pengembangan Alat Ring Bola Basket Multiguna Untuk Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (PENJASORKES) Tingkat Sekolah Dasar Kelas V Di Kota Semarang. Journal of Physical Education and Sports, 5(1), 60-66.
Angguntia, Resti. 2013.Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Kemampuan Renang Gaya Bebas 50 Meter Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi PORKES, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas.
Daryanto, 2010. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dwiyogo, W.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.
Eveline, Siregar & Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran (cetakan
kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.
Hartati, H., Destriana, D., & Aryanti, S. (2016, September). Multimedia Development On Sports Health Subject For Third Semester Students Of Penjaskes Fkip Unsri. In Sriwijaya University Learning and Education International Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 469-484).
Haryanto, T. S., Dwiyogo, W. D., & Sulistyorini, S. (2016). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Menggunakan Media Interaktif di Smp Negeri 6 Kabupaten Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(1), 123-128.
Malik, S & Agarwal, A (2012). Use of multimedia as a new educational technology tool – A study. International Journal of Information and Education Technology, 2(5):468-471.
Mulyaningsih, Farida. dkk. 2009. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V. Klaten: PT Intan Pariwara.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran (Langkah Penting Merancang Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas). Jakarta: PT Dian Rakyat.
RodrÃguez, P, Nussbaum, M, López, X & Sepúlveda, M 2010. A monitoring and evaluation scheme for an ICT-supported education program in schools. Educational Technology & Society, 13(2):166-179.
Smaldino, Sharone E., Deborah L. Lowther., James D. Rusel. 2011. Instruksional Tencnologyn& Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Penerjemah, Arif Rahman. Eds. Kesembilan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, A. (2009). Pengembangan model pembelajaran outdoor education pendi-dikan jasmani berbasis kompetensi di Sekolah Dasar. Tersedia http://jur-nal. upi. edu/file/ayi. pdf. Diunduh tanggal, 16.
Sukmadinata, Nana Syaodah. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumarni, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(1), 35-44.
Taufiq, M., Amalia, A. V., & Parmin, P. (2017). The Development Of Science Mobile Learning With Conservation Vision Based On Android App Inventor 2. Unnes Science Education Journal, 6(1).
Tetikay, Robert. 2011. Renang Teknik dan Metodik. Malang: Wineka Medi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by JPO prior to the publication.